Round-Up

Buntut Panjang Pengakuan Nikah Siri Lesti Kejora dan Rizky Billar

Tim Detikhot - detikHot
Kamis, 30 Sep 2021 06:31 WIB
Jakarta -

Ustaz Maulana kini turut membuka pandangan terkait pernikahan siri Lesti Kejora dan Rizky Billar atau pasangan yang akrab disapa Leslar. Menurut sang ustaz, hal itu tidak jadi masalah dalam hukum Islam.

Dai kondang itu mengatakan pernikahan siri itu memang tidak untuk disampaikan maupun diumumkan ke publik.

"Dalam pernikahan, ada tiga hukum agama atau syariat, ada hukum negara, ada hukum adat, jadi seperti itu," kata Ustaz Maulana menjelaskan.

Meski begitu, pernikahan siri juga tidak sembarangan dilakukan. Ia menyebut ada lima rukun nikah yang harus dipenuhi.

"Jadi kalau legalnya negara soal surat-surat perizinan dan sebagaimana, sementara agama cukup yang ada lima rukun itu aman. (Lima rukun itu) Ada wali, mempelai laki-laki, mempelai perempuan, ada saksi, dan ada ijab kabulnya," ungkapnya.

Bahkan pernikahan siri yang dilakukan oleh Rizky Billar dan Lesti Kejora, menurut Ustaz Maulana sebenarnya adalah bentuk kebaikan. Ketika pasangan itu muncul ke hadapan publik dan terlihat terus berdekatan, mereka sudah sah di mata agama.

"Justru kalau kita berbaik sangka, ya orang melakukan pernikahan seperti itu supaya nanti enak untuk ditampilkan," katanya.

Dia memberikan contoh ketika pasangan melakukan pemotretan prewedding maka akan aman jika memang harus saling bersentuhan. Terlebih pose dalam sesi pemotretan itu pasangan tersebut harus terlihat mesra.

"Jadi kita tetap berbaik sangka," tuturnya.

"Dalam hukum Islam sudah aman, jadi pernikahan berkali-kali pun tidak ada masalah. Ibarat untuk melegalkan, untuk mengumumkan kepada khalayak bank," sambung Ustaz Maulana.

Pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar menggelar rangkaian pernikahan secara besar-besaran dan ditayangkan di stasiun televisi swasta pada 19 Agustus 2021. Saat itu, prosesi jelang menikah, akad nikah sampai resepsi digelar di hotel berbintang dengan pengamanan yang ketat dan disiarkan secara langsung.

Setelah menikah, isu mengenai Lesti Kejora yang diketahui sudah berbadan dua menyebar. Saat itu, netizen berspekulasi Lesti Kejora sudah hamil duluan sebelum menikah.

Baca halaman berikutnya soal pernikahan siri Rizky Billar dan Lesti Kejora.