Chef Haryo Minta Maaf Jelang Operasi Jantung Antara Hidup dan Mati

Hanif Hawari - detikHot
Senin, 27 Sep 2021 06:02 WIB
Chef Haryo
Chef Haryo Minta Maaf, Mohon Doa Jelang Operasi Jantung (Foto: Hanif Hawari)
Jakarta -

Chef Haryo akan menjalani operasi besar untuk mengatasi penyakit jantung yang diidapnya. Rencananya, prosedur medis itu akan dilaksanakan pada 30 September 2021.

Sebelum memutuskan untuk operasi, Chef Haryo telah melalui berbagai pertimbangan dan pemikiran matang. Meski sempat ragu dan takut, Chef Haryo akhirnya setuju untuk dioperasi karena ingin berusaha agar tetap hidup. Terlebih sebelumnya ia divonis tinggal memiliki harapan hidup 70%.

"Saya percaya kepada kelahiran dan hidup Allah sudah atur waktu dan tanggalnya jadi apa yang saya hadapi besok ini adalah sebuah ikhtiar saya sebagai manusia untuk tetap hidup dan bertahan," ujar Chef Haryo kepada detikcom, Sabtu (25/9/2021).

"Dan menjalani hidup saja dengan segala resiko. Yang jelas saya beriman kepada Allah dan rasulnya, saya beriman kepada Islam, dan Islam mengajarkan untuk berserah. dengan kejadian ini maka harus dilewati," sambungnya lagi.

Chef Haryo pun meminta doa dari masyarakat untuk kelancaran operasi yang akan dilewatinya. Tak sampai di situ, Chef Haryo pun meminta maaf atas segala kesalahan yang dilakukannya selama ini.

"Harapan saya, masih banyak yang harus saya kerjakan. Saya hanya minta doa restu dari netizen, dari kawan-kawan, saudara, teman-teman wartawan, minta doa restunya, minta doanya agar didoakan untuk sembuh untuk melewati operasi ini dengan baik dan lancar," katanya.

"Dan apabila ada kesalahan, apabila ada kesalahan di masa lalu mohon dimaafkan. Karena saya akan memasuki perubahan besar dalam hidup saya, yaitu operasi besar ini yang akan menentukan saya hidup atau tidak," ujar Chef Haryo lagi.

Chef Haryo berusaha berpikir positif selagi menunggu operasinya kelak. Soal hasilnya, juru masak terkenal itu menyerahkan seluruhnya pada Yang Kuasa.

"Tapi saya optimis, saya berikhtiar sebagai manusia dengan iman Islam saya yang mengajarkan untuk berserah kepada Allah SWT. Saya serahkan semuanya kepadaNya," tutup Chef Haryo.

(hnh/dar)