Kabar Terkini Thalita Latief yang Sempat Idap Kanker Tiroid

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Selasa, 21 Sep 2021 08:25 WIB
Thalita Latief saat ditemui di studio Trans TV.
Kabar Terkini Thalita Latief yang Sempat Idap Kanker Tiroid. (Foto: Noel/detikHOT)
Jakarta -

Thalita Latief bicara soal kanker tiroid yang sempat diidap. Ia mengaku saat ini masih melakukan cek hormon.

Hal itu dilakukan lantaran dirinya belum bisa dinyatakan sebagai penyintas kanker tiroid. Sebelumnya sejak tahun 2020, Thalita mengaku mengidap sakit tersebut.

"Masih periksa empat bulan itu, aku selalu apa cek lab untuk melihat nilai hormon. Karena aku tiroid cancer fighter sudah hilang, sudah operasi, hilang total tapi kan aku harus di-maintaince karena aku masih early stage, masih aman. Aku tidak perlu kemoterapi, nggak perlu. Treatment-nya aku suplemen dan pola hidup sehat," kata Thalita Latief kepada detikcom ditemui di Studio Bros, kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Thalita Latief diminta menjaga kadar hormonnya yang mempengaruhi tingkat stresnya. Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, dirinya sempat menjalani operasi pengangkatan tiroid.

"Tapi yang aku maintaince hormonya karena tiroid aku sebelah sudah nggak ada, sudah hilang sebelah sudah hilang organnya dioperasi. Jadi hormonnya nggak akan sama seperti yang masih ada sebelumnya. Pasti ada unbalance, unstable di saat stres itu hormonnya jelek," imbuhnya.

Memang untuk saat ini Thalita merasa hidupnya lebih baik sehingga hormonnya mengikuti. Sehingga dia mengaku sudah bisa menjalani diet dan merawat diri.

"Tapi semakin ke sini semakin happy, ringan. Ini beban pikiran dengan hati menjalaninya. Hasil lab-nya semakin baik, percaya nggak percaya makin ke sini juga aku lebih merawat diri. Lebih fokusnya merawat diri ngelakuin yang aku suka, ngurusin badan sudah mulai boleh dari dokter, dulu belum boleh. Orang kan nggak tahu ya kenaikan BB (berat badan) itu bukan kulineran makan gila atau apa, tapi karena hormon," bebernya.

"Sudah membaik, aku boleh diet lagi, merawat diri lagi, fokus juga ya namanya perempuan kita bisa turun berat badan kita senang banget. Aku kan naiknya banyak banget karena penyakit ini. Sekarang aku taking care my self. Aku ke dokter gizi ngurusin badan, merawat diri gitu, terus bekerjanya yang happy saja, be positive sih," bebernya.

Memang kata Thalita Latief, penyakit yang diidapnya dulu membuat berat badannya naik.

"Justru pas sakit itu naik, karena unstable hormon. Jadi di dalam tiroid ini ada jenisnya, aku dapatnya unbalance-nya hipotiroid, jadi rata-rata penderita tiroid hypo pasti mengalami kenaikan BB karena hormon. Orang yang mengerti tiroid paham, yang nggak tidak paham, jadi kayak mereka lihat kita ih gendut loh, padahal mereka nggak tahu kalau kita sakit. Kalau hypertiroid, mereka kurus mendadak," pungkasnya.

(fbr/mau)