Kronologi Warkopi Dipersoalkan Warkop DKI

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 20 Sep 2021 17:20 WIB
Jakarta -

Warkopi yang kini tengah disorot publik dituding belum meminta izin HAKI terhadap Warkop DKI. Faktanya, ketiga laki-laki yang dianggap mirip komedian Dono, Kasino dan Indro itu memang belum meminta izin secara resmi.

Dalam wawancara virtual, Ketua Lembaga Warkop DKI, Hana Sukmaningsih, Senin (20/9/2021) menjelaskan bahwa Warkopi belum mendapat izin.

Pihak Warkop DKI mengapresiasi kreativitas Warkopi, tapi menurutnya, alangkah baik jika mereka lebih dulu meminta izin.

"Paparan dari sisi lembaga Warkop DKI, ini penting. Di sini lembaga menghormati Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Terdapat 3 orang mirip Warkop, di mana mereka memerankan dan menamakan Warkopi, dan tampil di sisi nasional dengan nama DKI," ujar Hana.

"Nama Warkopi dibuat mirip. Kita mengapreasi, sama sekali Warkopi belum meminta izin ke lembaga Warkop DKI. Secara etika meminta izin terlebih dahulu," lanjut Hana.

Dalam hal ini Hana juga sangat menyayangkan sikap lembaga yang menaungi Warkopi.

Sementara itu, Hana juga menjelaskan kronologi pertemuan manajemen Indro Warkop DKI dengan Patria TV, lembaga yang menaungi Warkopi. Pada 24 Agustus 2021 pihak Patria TV meminta izin untuk bertemu manajemen Indro secara langsung.

Namun, saat itu pihak Indro Warkop DKI meminta agar Warkopi dan Patria TV mengirimkan surat elektronik (surel).

Ternyata sebelum surel dikirimkan pada Indro Warkop, Warkopi sudah hadir di muka publik. Surel baru dikirimkan setelah mereka tampil di layar kaca.

Pada 13 September 2021 Warkop DKI meminta agar Warkopi dan Patria TV menurunkan materi mereka yang sebelumnya.

Lalu, pada 17 September 2021 pihak Patria TV dan Warkopi kembali mengirimkan email dan tetap ingin bertemu. Namun hingga sampai saat itu mereka belum meminta izin dan menurunkan materi.

"Lalu setelah kirim email mereka minta ketemu langsung, tatap muka. Intinya tanggal 13 kita punya HAKI. Kita tanya, tampil di mana aja, ketemu harapannya apa. Tolong turunkan dulu materi aja, itu tanggal 13. Tanggal 17 kirim lagi email, mereka pengin ketemu langsung. Mereka juga tidak meminta izin apapun," papar Hana.

Sementara itu, Indro Warkop DKI pun memberikan tanggapannya terhadap kasus ini. Ia membenarkan ketiga laki-laki dalam Warkopi memiliki managemen. Namun memang belum meminta izin dan mau diatur pihak managemennya.

"Menurut pengakuan tiga teman-teman ini, mereka ada managementnya. Ditanya sudah izin Pak Indro belum. Dia bilang belum tetapi mau diatur sama managementnya," ujar Indro Warkop DKI.

(pig/srs)