Taqy Malik Dituding Gelapkan Dana Umroh

Hanif Hawari - detikHot
Kamis, 16 Sep 2021 15:44 WIB
taqy malik
Taqy Malik Dituding Gelapkan Dana Umroh (Foto: Instagram)
Jakarta -

Cobaan kembali menimpa keluarga Taqy Malik. Usai ayahnya, Mansyardin Malik menjadi buah bibir, kini giliran anaknya yang diperbincangkan.

Taqy Malik dituding telah menggelapkan dana umroh jamaahnya. Hal itu pertama kali dilontarkan oleh Adam Deni melalui Instagramnya.

Awalnya, Adam Deni mengunggah artikel terkait Mansyardin Malik dengan istri sirinya Marlina Octarina Kawuwung. Yaitu terkait tuduhan penyimpangan seksual yang diduga dilakukan oleh mansyardin Malik.

"BISIKIN KE MEREKA DONG BOS, DANA TRAVEL UMRAH YG DITILEP MAU GW BUKA APA ENGGA," tulis Adam Deni dalam unggahan Instagram Stories-nya itu.

Dalam unggahan selanjutnya, Adam Deni memposting screenshoot keluhan calon jamaah umroh Taqy Malik. Mereka mengeluhkan refund dana umroh yang tak kunjung ada kejelasan.

Adam Deni juga bicara kepada wartawan terkait tuduhan itu. Ia menyebut memang ada indikasi penggelapan dana yang dilakukan oleh perusahaan travel Taqy Malik itu. Sebab hingga saat ini banyak sekali jamaah yang kesulitan melakukan refund dan terkesan diulur-ulur.

"Sebelum saya mengangkat isu dugaan penggelapan dana Taqychan Travel, saya itu mendapatkan laporan banyak sekali dari beberapa pihak yang memberitahukan bahwa mereka ada kendala ketika mengajukan proses refund ke perusahaan travel yang dimiliki oleh Taqy Malik, yaitu Taqychan Travel," beber Adam Deni saat ditemui di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur.

"Nah setelah saya telusuri, saya menemukan beberapa komentar juga dari akun Taqychan Travel, di akun istri Taqy Malik bahkan di akun Taqy Malik yang baru mempertanyakan, mereka tidak jadi berangkat. Dan kenapa kalau tidak jadi berangkat proses refundnya ini sangat lama. Apakah benar ada indikasi penggelapan dana yang dilakukan oleh Taqychan Travel atau tidak, saya mempertanyakan itu," lanjutnya.

Taqychan Travel buka suara mengenai tuduhan tersebut. Pihak travel membantah Taqy Malik melakukan penggelapan dana.

"Tentang Travel umrah nya, Ustaz Taqy sebagai komisaris, jadi tidak terlibat langsung operasional," ujar Executive Direktur Operasional, Wisnu Wibowo, saat dihubungi oleh wartawan, belum lama ini.

Wisnu mengatakan jamaah yang belum berangkat terkendala situasi Pandemi COVID-19. Jika situasi memungkinkan, jamaah akan segera diberangkatkan.

"Jamaah yang tertunda di Maret tahun lalu harusnya berangkat di Maret akhir, tapi karena pertengahan sudah pandemi dan umrah dilarang berangkat, kita tunda menunggu situasi membaik," kata Wisnu.

Jika ada yang ingin mengajukan pengembalian uang, Wisnu mengatakan pihak travel sangat terbuka. Namun mereka membutuhkan waktu untuk pengembalian tersebut.

Untuk kesulitan mungkin ada beberapa jamaah yang tidak update info. Kami sempat berhenti operasional termasuk mungkin travel umrah lain. Namun, bagi yang ingin refund karena kondisi tidak menentu, tetap di proses, karena hal-hal teknis memang ada beberapa yang memerlukan waktu dan alhamdulillah sebagian atau hampir keseluruhan yang refund sudah diselesaikan bahkan oleh Ustaz Taqy sendiri sebagai komisaris," papar Wisnu.

Diketahui, jumlah jamaah yang tertunda berangkat pada Maret 2020 adalah 71 orang. Menurut Wisnu, pada Rabu, 15 September 2021 sudah ada 56 calon jamaah yang dananya dikembalikan.

Dugaan penggelapan itu rupanya juga menyeret selebriti Anwar BAB. Ia menjadi salah satu jamaah yang akan berangkat umroh melalui Taqychan Travel.

Anwar BAB memahami situasi Pandemi COVID-19 saat ini. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menarik kembali uangnya.

"Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, saya Anwar ingin meluruskan berita yang beredar saat ini terkait saya dengan travel umroh Taqychan Travel. Benar adanya saya terdaftar sebagai calon jamaah umroh di Taqychan Travel untuk keberangkatan April 2020," tulis Anwar di Instagram Stories, Kamis (16/9).

"Namun karena adanya pandemic yang menimpa seluruh negara untuk pelaksanaan umroh ditunda. Seiring berjalannya waktu serta melihat situasi dan kondisi, nampaknya untuk pelaksanaan umroh masih belum bisa terlaksana, sehingga akhirnya saya memutuskan untuk refund," sambung Anwar.

Awalnya, Anwar BAB kesulitan mendapatkan uang nya itu untuk kembali. Namun setelah mengikuti prosedur yang ada, Anwar BAB akhirnya mendapatkan kembali uangnya.

"Untuk pengajuan refund ini saya coba hubungi pihak travel, namun saat itu belum ada balasan dan kepastian yang cukup jelas, sampai akhirnya pihak travel menghubungi saya dan menginformasikan prosedur untuk pengajuan refund. Prosedurnya memang cukup panjang, dan memakan waktu sesuai dengan ketentuan yang berlaku, namun semua berjalan lancar sampai akhirnya uang refund itu dikembalikan," ungkap Anwar.

"Saya tegaskan sekali lagi bahwa saya dan pihak Taqychan Travel tidak ada masalah apapun, dan sudah tidak ada sangkut pautnya dengan saya, bahkan saat ini kami berhubungan baik,"

"Semoga penjelasan saya ini bisa meluruskan berita yang sedang beredar saat ini, serta untuk jamaah yang sedang mengajukan proses refund, bisa mengikuti prosedur yang berlaku, serta kita semua selalu diberikan kesehatan dan pandemic segera berakhir, agar kita semua bisa melaksanakan umroh kembali. Terima kasih, Anwar Sanjaya Pigano," tutupnya.

Tonton juga video inspiratif tentang peluang bisnis action figure di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(hnh/dar)