Daniel Mananta Nekat Buka Bisnis di Tengah Pandemi, Sempat Terseok-seok dan Pasrah

Desi Puspasari - detikHot
Minggu, 12 Sep 2021 09:30 WIB
Daniel Mananta Jadi Brand Ambassador Uniqlo Sport Utility Wear
Daniel Mananta Nekat Buka Bisnis di Tengah Pandemi, Sempat Terseok-seok dan Pasrah. (Foto: Dok. Uniqlo Indonesia)
Jakarta -

Daniel Mananta selain dikenal sebagai presenter, juga mempunyai bisnis yang terkenal. Selain ritel Damn I Love Indonesia, Daniel Mananta juga mengembangkan bisnis kuliner.

Restoran Padamu Negeri menjadi bisnis yang tengah dikembangkan oleh Daniel Mananta. Meski pandemi masih ada, Daniel Mananta akhirnya bisa membuka cabang kedua restoran tersebut di salah satu mal di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

"Puji Tuhan bersyukur banget bisa ketemu lagi di acara grand opening Padamu Negeri yang kedua, di Kota Kasablanka. Ini merupakan cabang kedua kita, setelah di Gandaria City," ucap Daniel Mananta.

Padamu Negeri mengusung konsep Indonesia dengan menyajikan masakan khas Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Tak mau kalah bersaing dengan tempat makan modern, bisnis Daniel Mananta ini juga dikemas modern, meski menyajikan makanan khas Indonesia, tapi cara penyajiannya standar internasional.

Meski sempat pasrah melihat laju bisnisnya di tengah pandemi COVID-19, Daniel Mananta sudah mempersiapkan dua cabang lainnya di dua kota besar di Indonesia. Pembukaan bisnisnya ini juga diharapkan Daniel Mananta bisa membantu untuk menjadi lapangan pekerjaan baru.

"Tahun 2021 ini, meskipun di masa pandemi yang tidak kunjung usai, kita berusaha tetap membuka lapangan pekerjaan dengan membuka Restaurant Padamu Negeri yang kedua," ungkapnya.

"Gue percaya banget, kita sebenarnya bukan cuma menjual makanan saja, tapi kita juga menjual sebuah pergerakan. Di mana ternyata kita ingin membuka lapangan kerja untuk orang banyak di masa pandemi," sambung Daniel Mananta.

Daniel Mananta buka cabang restoran barunya.Daniel Mananta buka cabang restoran barunya. Foto: desi puspasari

Daniel Mananta juga tengah memproyeksikan bisnis baru lainnya. Itu semua merupakan inovasi dari Damn I Love Indonesia.

"Selanjutnya project yang sebentar lagi kita kejar adalah Padamu Negeri yang ketiga, beserta hotel yang akan kita buka di Bandung, dan juga yang keempat adalah di Medan, luar biasa tahun 2021 ini pokoknya," sambung Daniel Mananta.

Beberapa menu yang disajikan dalam restoran milik Daniel Mananta ini, antara lain mie goreng Aceh sampai lele mangut asap khas Ternate. Di restoran ini, pembeli bisa belanja merchandise dan showcase creator Indonesia.

Inovasi lain dari Damn I Love Indonesia selain restoran Padamu Negeri, yaitu KIBAR (Kaus Indonesia Print Bar) yang menjadi platform lainnya bagi ilustrator lokal.

Di mana ilustrator lokal bisa bekerja sama dengan platform ini untuk dapat dijadikan merchandise secara instan. Nantinya hotel baru yang akan dibuat di Bandung, Jawa Barat, juga akan bekerja sama dengan ilustrator lokal. Masing-masing kamar mempunyai desain yang unik dan berbeda yang diciptakan oleh ala ilustrator lokal tersebut.

Di halaman selanjutnya, Daniel Mananta sempat jaminkan apartemen untuk gaji karyawan.