Momen Eben Bawa Burgerkill Masuk ke Daftar 50 Band Metal Terbaik Dunia

Dicky Ardian - detikHot
Sabtu, 04 Sep 2021 09:35 WIB
Eben Burgerkill
Foto: Instagram Eben Burgerkill
Jakarta -

Eben Burgerkill meninggal dunia dengan begitu tiba-tiba pada Jumat (3/9/2021). Padahal di hari yang sama, beberapa jam sebelum mengembuskan napas terakhir, ia masih berkegiatan sebagai musisi.

Kepergian itu menyisakan duka bagi keluarga, rekan musisi dan banyak penggemarnya. Seperti yang diketahui, Eben Burgerkill memang salah satu musisi dengan banyak prestasi.

Pada 2020, Eben bersama Burgerkill membuat bangga Indonesia. Mereka masuk ke dalam daftar 50 band metal terbaik dunia.

Daftar itu dibuat oleh Metal Hammer!, media musik ternama. Mereka membuat daftar dengan tajuk The 50 Best Metal Bands of All Time.

Di dalam daftar itu, ada banyak band-band ternama dunia, seperti Metallica, Black Sabbath hingga Iron Maiden.

Daftar itu memang cukup panjang. Namun ternyata Burgerkill sukses berada di urutan ke-14.

"(Urutan ini) akan mengejutkan beberapa dari kalian, tapi tak perlu sampai begitu. Sejak (band) metal Indonesia ini terbentuk 25 tahun lalu di Ujung Berung yang lingkungannya religius konservatif di Bandung, band ini telah membangun basis penggemar yang terus besar berkembang," tulis Metal Hammer pada Maret 2020.

BurgerkillBurgerkill Foto: detikcom

Hasil itu membuat Eben dan kawan-kawan mengungguli sejumlah band metal lainnya, seperti Lamb of God di posisi 20 hingga Sepultura, band metal Brasil yang ada di urutan 43.

"Kami sangat terkejut, ini sulit dipercaya! Terima kasih @metalhammeruk telah memilih kami dalam daftar 50 band metal terbaik sepanjang masa," tulis Burgerkill di Instagram.

"Ini adalah kehormatan besar bagi kita semua di Indonesia, sangat bangga bisa menjadi bagian dari peta heavy metal dunia," lanjutnya.



Simak Video "Video Pemakaman Eben Burgerkill"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dal)