Perjuangan Eben Bawa Burgerkill dari Bandung ke Panggung Dunia

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 03 Sep 2021 17:56 WIB
eben burgerkill
Perjuangan Eben Bawa Burgerkill dari Bandung ke Panggung Dunia (Foto: dok instagram)
Jakarta -

Aries Tanto alias Eben, gitaris dari band metal kenamaan, Burgerkill meninggal dunia. Semasa hidupnya, Eben Burgerkill dikenal anggota band yang turut mendirikan band metal asal Bandung tersebut. Ia bergabung dengan Burgerkill sejak band itu terbentuk pada 1995.

Kabar itu dikonfirmasi oleh mantan drummer Burgerkill, Abah Andris dan manajer Seringai sekaligus rekan Eben, Wendi Putranto.

"Iya benar. Tapi saya belum tahu kenapa dan bagaimana kabar pastinya serta kapan," kata Abah Andris melalui sambungan telepon, Jumat (3/9/2021).

"Iya benar, confirm. Tadi jam empat (16.00 WIB) sore. Eben itu dengan Burgerkill sedang taping utk konser online acara Distori Keras, tiba-tiba di venue mendadak collapse," ujar Wendi melalui sambungan telepon pada detikcom.

Bersama Eben, Burgerkill telah menorehkan berbagai prestasi di kancah musik cadas Tanah Air, bahkan dunia.

Band metal asal Ujung Berung itu masuk ke dalam daftar 50 band metal terbaik. Daftar itu dibuat oleh Metal Hammer! pada 2020. Mereka baru saja membuat daftar dengan tajuk The 50 Best Metal Bands of All Time dan menempati urutan ke-14.

Selain itu, Burgerkill juga telah membawa musiknya ke berbagai penjuru dunia. Pada 2019, mereka mampir ke 14 kota di negara bagian dengan 16 titik pertunjukan.

Sebelumnya, mereka juga pernah berkeliling Eropa untuk tur.

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, juga mengenal sosok EbenBurgerkillsebagai sosok yang mampu membawa namadaerahnya ke dunia.

"Turut berduka cita atas berpulangnya sahabat kami Kang Eben, musisi Burgerkill kebanggaan Jabar yg sudah berkali-kali menjelajah Eropa dgn karya musiknya," kicau Kang Emil.




Dedikasi Eben Burgerkill pada musik memang tak bisa dibantah. Bahkan, di akhir hayatnya, ia tutup usia saat sedang melakukan pengambilan gambar untuk konser online.

Sayangnya, saat pengambilan gambar sedang berlangsung, Eben tiba-tiba tak sadarkan diri hingga menghembuskan napas terakhir.

"Dibawa ke RS Bungsu di Bandung, pas sampai sana sudah wafat. Di RS diberikan bantuan, tapi sudah tidak tertolong. Menurut yang ada di sana kondisinya memang sudah kelihatan pucat," tutur Wendi.

"Rencananya Burgerkill memang mau manggung online dibantu oleh Adji Down for Life dan Daniel Deadsquad," kata Wendi lagi.

(srs/dar)