Saipul Jamil Trauma Dipenjara, Beri Pesan untuk Masyarakat

Hanif Hawari - detikHot
Kamis, 02 Sep 2021 10:49 WIB
Jakarta -

Saipul Jamil mengaku trauma dipenjara. Gara-gara kasus pencabulan dan suap, ia harus mendekam di Lapas Cipinang, Jakarta Timur selama lima tahun.

Saipul Jamil pun mengambil hikmah dalam kejadian itu. Ia menilai dirinya dipenjara sudah menjadi takdirnya yang Tuhan berikan selama hidup di dunia.

"Pastilah (trauma), pokoknya ini pengalaman hidup dan sejarah hidup ya. Jadi siapa sih yang pengin masuk penjara. Saya juga kalau bisa tuh hidup nggak ada tuh melalui seperti ini," tutur Saipul Jamil saat ditemui di Lapas Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (2/9/2021).

"Tapi takdir udah bilang saya masuk sini, mau nggak mau banyak ilmu yang saya dapat di sini," lanjutnya.

Mantan istri Dewi Perssik itu memiliki pesan untuk masyarakat. Dalam menjalani hidup, Saipul Jamil menyarankan agar berhati-hati meskipun itu adalah teman sendiri.

"Jadi buat teman-teman hati-hati, berbijaklah. Pokoknya selalu waspada, itu saja," papar Saipul Jamil.

"Kita tidak tahu di mana ada musuh, kita nggak tahu. Bisa jadi teman yang kita anggap baik ternyata dia adalah musuh kita. Tapi yaudahlah yang penting kita ikhlas lillahi ta'ala," tukasnya.

Saipul Jamil mendekam di penjara usai terjerat dua kasus. Pertama, kasus pencabulan yang membuat Saipul Jamil divonis 3 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Setelah melalui tahap banding, hukuman untuk Saipul Jamil menjadi 5 tahun. Pihak Saipul Jamil sempat mengajukan peninjauan kembali (PK), namun PK nya ditolak oleh Mahkamah Agung (MA).

Selain itu, ketika menjalani persidangan terkait kasus pencabulan, terungkap ada penyuapan terhadap panitera sidang, Rohadi. Penyuapan itu untuk meringankan hukumannya Saipul Jamil.

Dalam kasus tersebut, Saipul Jamil divonis tiga tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta pada 2017.

(hnh/wes)