Arzeti Bilbina Konsisten Lindungi Anak Indonesia dari Paparan BPA

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 31 Agu 2021 13:51 WIB
Arzeti Bilbina
Foto: istimewa
Jakarta -

Selama ini, Arzeti Bilbina serius dengan paparan Bisphenol A (BPA) yang bisa membahayakan anak-anak. Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PKB tersebut juga ingin ibu hamil, janin dan bayi bisa jauh dari paparan tersebut.

Hal itu disampaikan Arzeti Bilbina dalam sebuah seminar yang mengambil tema Bayi, Balita dan Janin Harus Merdeka dari BPA. Seminar itu digelar secara virtual.

Arzeti Bilbina memberikan dukungan kepada BPOM untuk berani memberikan label pada kemasan plastik dan galon isi ulang yang mengandung BPA.

"Yang terpenting pada prinsipnya saya mendukung Komnas Anak dan elemen masyarakat yang lain yang berjuang agar BPOM segera memberi label peringatan konsumen pada kemasan plastik yang mengandung BPA. Termasuk juga galon guna ulang yang terbuat dari polikarbonat yang mengandung BPA. Tujuan pelabelan tersebut agar wadah atau kemasan plastik tersebut tidak digunakan oleh bayi, balita dan janin. Sebab mereka kelompok usia rentan," pinta Arzeti Bilbina via virtual.

"Saya perlu tegaskan, yang menjadi perhatian saya adalah kesehatan masyarakat. Apalagi menyangkut bayi, balita dan janin. Itu jelas prioritas utama," sambung Arzeti Bilbina lagi.

Beberapa waktu lalu, Arzeti Bilbina menyebut BPOM sudah melakukan uji terhadap kemasan plastik. Namun hasilnya disebut masih tak sesuai harapannya.

"Memang itu jauh dari ambang batas. Tapi untuk bayi, balita, dan janin harus free BPA. Harus 0 BPJ. Kita tidak berani mengambil risiko, atau biar aman diberi label seperti pada susu kental manis yang berbunyi tidak cocok untuk bayi. Seperti pada kemasan rokok ada peringatan bahaya merokok dapat menimbulkan gangguan jantung, impotensi, dan kehamilan," tutur Arzeti.

Lebih lanjut, Arzeti Bilbina mengaku mendapat banyak teguran usai terus bersikap kritis terkait masalah BPA. Eks model itu pun tak mempedulikan hal tersebut.

"Rupanya banyak yang kebakaran jenggot," kata Arzeti.

(dar/dar)