Dita Fakhrana Digugat Cerai, Pengacara Ilham Prawira Buka Suara

Hanif Hawari - detikHot
Sabtu, 28 Agu 2021 06:30 WIB
Dita Fakhrana saat berkunjung ke kantor detikcom.
(Foto: Asep Syaifullah/detikHOT) Dita Fakhrana dan Ilham Prawira enggan memperjuangkan lagi rumah tangga mereka. Keduanya saling menggugat cerai di pengadilan.
Jakarta -

Rumah tangga Dita Fakhrana dan suaminya, Ilham Akbar Prawira, kini di ujung tanduk. Keduanya seakan enggan memperjuangkan lagi hubungan mereka dengan saling menggugat cerai di pengadilan.

Gugatan cerai Dita Fakhrana terhadap Ilham Akbar Prawira awalnya masuk ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 14 April 2021, tapi ditolak. Ilham Akbar Prawira pun sempat mengajukan permohonan cerai terhadap Dita Fakhrana di Pengadilan Agama Bekasi. Namun, gugatan tersebut juga ditolak lantaran PA Bekasi merasa tidak berwenang.

"Jadi sebelumnya Dita Fakhrana mengajukan gugatan terhadap saudara Ilham terhadap klien kami namun alamat yang ditunjukkan oleh saudara Dita tidak sesuai dengan alamat asli dari klien kami sehingga Pengadilan Agama Jakarta Selatan menolak gugatan dari saudara Dita," Muhammad Iqbal Arbianto, kuasa hukum Ilham Prawira, saat ditemui detikcom, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/8/2021).

"Selanjutnya klien kami mengajukan gugatan di Pengadilan Agama Bekasi. Namun, pada persidangan tersebut, dari saudara Dita tidak hadir diwakili oleh kuasanya dan kuasanya dengan berbagai alasan mengajukan keberatan lah terhadap kompetensi relatif, sehingga Pengadilan (Agama) Bekasi menyatakan tidak berwenang," sambungnya lagi.

Kini, Ilham Akbar Prawira kembali mengajukan permohonan cerai pada istrinya itu. Kali ini, pengajuan tersebut masuk ke Pengadilan Agama Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Hingga selanjutnya kesempatan kali ini klien kami pun mengajukan kembali ke Pengadilan Agama Tigaraksa yang sedang berjalan, yang sedang berlangsung pada kesempatan kali ini," kata Muhammad Iqbal Arbianto.

Hingga kini, proses perceraian Dita Fakhrana dan Ilham Akbar Prawira telah masuk ke tahap mediasi. Panggilan pertama mediasi telah dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2021, tapi pihak Dita Fakhrana tidak hadir.

Jadwal meditasi pun diundur menjadi tanggal 1 September 2021 mendatang. Pihak Ilham Akbar Prawira pun berharap perempuan yang masih berstatus istrinya tersebut bisa hadir ke pengadilan.

"Kalau yang di Tigaraksa itu baru yang pertama kemarin baru panggilan para pihak saudara Dita tidak hadir dan Dipanggil lagi di minggu depan. Panggilan pertama di tanggal 25 kalau nggak untuk selanjutnya di minggu minggu depan," tutup Muhammad Iqbal Arbianto.

(hnh/aay)