Ancaman Pembunuhan Sunny Dahye

tim detikhot - detikHot
Minggu, 22 Agu 2021 05:33 WIB
sunny dahye
Sunny Dahye laporkan netizen ke polisi Foto: instagram @sunnydahye
Jakarta -

YouTuber bernama Sunny Dahye dituding menghina Indonesia. Sunny Dahye juga disebut beberapa kali berbohong ke para pengikutnya di media sosial.

Sunny Dahye sebenarnya sudah menjawab tuduhan tersebut. Ia memberikan penjelasan dalam sebuah video.

"Mengenai rumor aku sempat viral, papa aku dalam seminggu ini juga meninggal dunia. Jadi aku juga pada saat itu masih sangat syok dan butuh banget waktu untuk mencerna semua kondisi yang sedang happening," ujar Sunny Dahye di videonya.

"Prioritas aku saat itu juga keluarga. Dan aku butuh waktu juga untuk mencerna situasi papa aku dan juga mencoba menerima bahwa papa aku sudah meninggal."

"Jujur pada saat itu aku syok dan juga terluka. Dengan ratusan ribuan komen yang mengatakan aku, menyuruh aku untuk mati, ancaman mati, dan juga kata-kata kasar yang seharusnya tidak ditujukan pada seorang individual. Dan aku merasa saat itu belum dalam kondisi mental stabil untuk bisa bereaksi langsung," bebernya.

Tapi banyak netizen yang seperti tak terima dengan sikap Sunny Dayhe. Tak sedikit yang malah mem-bully cewek asal Korea tersebut. Bukan cuma bully, Sunny Dayhe juga mengaku mendapat ancaman pembunuhan.

Sunny Dahye resmi membuat laporan polisi. Ia melaporkan beberapa akun media sosial anonim yang telah menuduhnya menghina Republik Indonesia.

Laporan polisi itu dilayangkan oleh Sunny Dahye ke Polres Metro Jakarta Utara, Jumat (20/8/2021). Laporan tersebut dibuat oleh kuasa hukum dan manajer Sunny Dahye.

"Untuk menimbulkan efek jera, kami sudah melaporkan tindak pidana ini ke Polres Metro Jakarta Utara," ujar Ditho Sitompoel, tim kuasa hukum Sunny Dahye.

Pihaknya membawa bukti berupa tangkapan layar. Terlihat seorang netizen mengirim pesan itu di Instagram.

Sunny DahyeSunny Dahye Foto: dok ist


"Hal yang membuat aku sakit hati adalah rasa cinta aku kepada Indonesia dipertanyakan. Meskipun aku dalam darah Korea, aku selalu mengidentifikasikan diri aku sebagai orang Indonesia dengan dasar aku besar di Indonesia dan tinggal hampir seumur hidup aku di Bali," kata Sunny yang merupakan YouTuber.

"Jadi aneh guys rasanya kalau aku merendahkan negara di mana aku menimba ilmu mulai dari TK, SD, SMP, sampai kuliah. Aku benar-benar cinta guys kepada Indonesia."

Ancaman pembunuhan itu juga membuat Sunny Dahye was-waw untuk berkegiatan.

"Ya dia takut saat ini untuk berkegiatan, tetapi kita sudah menguatkan dia agar melawan melawan cyber bullying ini," kata Philipus Sitepu.

Sunny Dahye mengaku mendapat banyak hujatan. Tapi ada beberapa yang benar-benar dilaporkannya, termasuk akun Twitter @sunnytruth3, @fact33513247, @cereal86040198 dan juga @Sunnyisaliar.

Sunny DahyeSunny Dahye Foto: dok ist

Merujuk kepada tangkapan layar di atas, pihak Sunny Dahye menyebut akun itu kini sudah hilang.

"Sekarang akunnya sudah hilang, tetapi tentu penegak hukum kita bisa menemukan akunnya," tutur Philipus Sitepu.

"Dari sini ketahuan kalau dia tahu kalau yang disebarkannya adalah fitnah maka dia take down, tetapi sayangnya beritanya sudah terlanjur tersebar dan merugikan Sunny."



Simak Video "Alasan Sunny Dahye Laporkan Netizen yang Menuduhnya Hina Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)