Bicara Kemerdekaan, Ivan Gunawan Tegaskan Setiap Orang Bebas Berekspresi

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 17 Agu 2021 10:27 WIB
Ivan Gunawan
Ivan Gunawan bicara soal momen kemerdekaan Foto: Dok. Ivan Gunawan
Jakarta -

Menyambut Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2021, Ivan Gunawan sebagai salah satu publik figur menjelaskan arti kemerdekaan menurut pendapat pribadinya.

Ivan Gunawan yang akrab disapa Igun itu menegaskan kemerdekaan adalah sikap dan hak setiap orang untuk berekspresi tanpa batas.

Tak hanya itu, Igun menegaskan kebebasan berekspresi setiap orang juga perlu dipertanggungjawabkan.

"Kalau saya, arti merdeka itu kalau bebas berekspresi ya. Bebas ekpresi gitu kan, tapi tetap bertanggung jawab," ujar Igun saat ditemui di kawasan Jakarta Barat, baru-baru ini.

Ucapan Igun tentunya bukan tanpa alasan. Mantan kekasih Rossa itu menegaskan kebebasannya saat ini masih diatur dalam dunia media sosial. Ia merasa banyak orang merasa ketakutan berekspresi di media sosial khususnya.

Kritik, saran, serta pendapat kerap dirasa berupa ancaman atau penghinaan bagi segelintir pihak. Tak heran jika Igun merasa banyak ucapan di media sosial kini kerap dipelintir dan berbuah arti lain.

"Kalau saya seperti itu karena sekarang dengan adanya sosmed kita banyak ketakutannya," ungkap Igun.

"Kiri takut salah, kanan takut salah, ngomong A dipelintir, ngomong B diputer balik," lanjutnya.

Baginya, peran pemerintah dan publik figur sebagai sorotan publik sangat berpengaruh. Ia berharap banyak pemberitaan yang positif sehingga mengurangi tingkat pemikiran negatif masyarakat saat ini.

Ia berharap tak lagi banyak pemberitaan yang bersifat provokasi seperti hendak memecah-belah seseorang atau kelompok.

"Nah, jadi di sini peran serta pemerintah, saya selebriti, kalian teman-teman media, berita yang seperti ini tolong diviralkan. Itu yang ingin saya sampaikan," ujarnya.

"Jadi, jangan sesuatu yang nggak penting. (Contoh) Membuat satu berita provokasi itu malah yang lebih menarik untuk masyarakat," tegas Igun.



Simak Video "Jenuh saat Karantina, Ivan Gunawan Minta Dibawakan Patung dan Jarum Pentul"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/tia)