Arief Muhammad Bicara Soal Ikoy-ikoy yang Bikin Artis Heran

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Selasa, 03 Agu 2021 11:55 WIB
Jakarta -

Sering lihat kata ikoy-ikoy belakangan ini di media sosial? Tren tersebut mulanya dari Arief Muhammad yang menyebarkan.

Arief Muhammad kemudian menjelaskan soal ikoy-ikoy. Ia mengatakan awalnya iseng berbagi uang ke temannya.

Asal muasal kata Ikoy sendiri adalah dari nama panggilan karyawan Arief Muhammad yang bernama Rizki Fadillah. Inti dari ikoy-ikoyan yang dibuat Arief adalah berbagi rezeki ke sesama.

"Sebenarnya awalnya itu sudah lama, sudah dari berbulan-bulan yang lalu. Jadi, gue itu memang suka random gitu kalau misalnya di DM sama followers, 'aduh, panas banget siang ini!' jadi memang kita tuh bercandaan, moodnya itu bukan mood buat beliin, kayak bercandaan sama teman saja," ceritanya saat dihubungi via telepon.

"Awalnya cuma kirim-kirim makanan, itu sudah lama dan berbulan-bulan. Cuma 2 hari ini iseng coba kirimin duit. Itu yang awal mulanya jadi ramai," lanjutnya.

Dari ikoy-ikoy, Arief Muhammad mengaku mendapat respons yang bagus dari para pebisnis. Ia diminta tolong untuk memberikan uang yang dititipkan kepada yang membutuhkan.

"Iya jadi yang di gue itu kan mungkin mereka kebetulan roughneck itu ownernya teman gue. Mereka lihat main ikoy-ikoyan ramai, impact-nya di bisnis juga, akhirnya mereka minta tolong mau dong titip gue kasih sekian habisin saja, gitu," ujarnya.

Arief Muhammad mengaku memilih secara acak orang yang dibantu lewat main ikoy-ikoy. Sebab ia menyebut permintaan netizen begitu membludak.

"HP gue tuh sampai ngehang kemarin gara-gara mungkin nggak kerefresh saking banyaknya DM. Yang gue pilih itu benar-benar rezekinya mereka, DM gue stuck di mereka. Jadi memang nggak bisa milih-milih banget, karena DM-nya juga stuck. Akhirnya gue close Instagram, gue buka Instagram, nah yang paling atas saja yang gue pilih. Jadi benar-benar untung-untungan saja," tuturnya.

Arief Muhammad lalu membeberkan permintaan teraneh yang didapatnya terkait main ikoy-ikoy. Ia diminta membayarkan les menyetir seorang netter.

"Soalnya aku memang bilang ke mereka, tulis sejujur-jujurnya nggak usah disedih-sedihin, nggak usah dilebay-lebayin, nggak usah drama, jujur saja sudah lagi butuh apa. Soalnya ini memang seru-seruan saja, gue bukan lagi mau bantu orang susah, itu saling ngebantu saja," katanya.

Arief Muhammad pun tak menyangka ikoy-ikoy jadi booming. Sampai-sampai banyak artis mengikuti tren tersebut.

Arief Muhammad mempersilakan buat para figur publik yang mau mengikuti permainannya. Tapi ia tak memaksa mereka kalau memang ikoy-ikoy jadi beban.

"Banyak yang izin ke gue juga, DM gue mau izin main ikoy-ikoyan. Terus gue bilang silakan, gue malah makin senang kalau makin banyak yang main ikoy-ikoyan sebenarnya, kan intinya berbagi, ya sudah dibikin have fun saja jangan jadi beban. Makanya gue bilang ke teman influencer lain kalau misalnya kalian tidak mau berbagi, ya nggak masalah, jangan jadi beban, seru-seruan saja," pungkasnya.

(mau/nu2)