Kekhawatiran Vicky Prasetyo Saat Ayahnya Positif COVID-19 dan Ada Penyakit Bawaan

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 02 Agu 2021 21:04 WIB
Vicky Prasetyo saat ditemui di persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
Kekhawatiran Vicky Prasetyo Saat Ayahnya Positif COVID-19 dan Ada Sakit Bawaan. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Ayah Vicky Prasetyo pekan lalu dinyatakan terpapar COVID-19. Kini sang ayah, Hermanto, tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit rujukan COVID-19.

Dilanjutkan Vicky Prasetyo, saat ini ayahnya tengah dirawat di ruang ICU. Vicky mengaku memang kondisi kesehatan ayahnya itu kurang baik.

Hermanto disebut memiliki penyakit bawaan dan ada masalah pada paru-parunya. Hal ini yang membuat Vicky Prasetyo merasa sangat khawatir pada kesehatan ayahnya saat ini.

"Iya COVID-19 (keadaan sang ayah), memang kondisi kurang baik karena kan punya komorbid juga, paru-parunya," ujar Vicky Prasetyo saat ditemui di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Senin (2/8/2021).

Yang lebih membuat Vicky Prasetyo tambah khawatir lantaran tak bisa menjenguk dan melihat langsung kondisi sang ayah.

Suami Kalina Oktarani itu mengaku hanya bisa melihat ayahnya dari kejauhan saja.

Selain itu, sang ayah disebut sangat membutuhkan istirahat karena melihat kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saturasi oksigen Hermanto bahkan sempat mencapai 61.

"Perkembangannya belum update bangetlah. Mungkin bener-bener butuh bedrest banget, butuh perawatan yang bener-bener. Saturasi sampai 61 kemarin," jelas Vicky.

"Cuma yang kita nggak tega itu kita cuma bisa ngelihat doang, nggak bisa nyentuh, nggak bisa kayak berinteraksi karena memang dokter larang banget karena mau langsung tindakan ke ICU gitu," tuturnya.

Diketahui, ayah Vicky Prasetyo mulai terpapar COVID-19 beberapa hari belakangan ini. Terhitung sudah hampir satu pekan Hermanto menjalani perawatan atas COVID-19 yang ada pada dirinya.

Vicky Prasetyo mengaku hanya dapat memantau kondisi ayahnya dari monitor rumah sakit saja.

"Pokoknya sekarang itu sudah hampir semingguanlah sakitnya. (Memantau kondisi sang ayah) Ya monitor saja dari rumah sakit kan bisa online 24 jam kita monitor," jelas Vicky Prasetyo.

Dijelaskan Vicky Prasetyo, ia sempat kesulitan mencari ruang ICU untuk ayahnya. Beberapa rumah sakit yang didatangi memang sangat penuh dengan pasien-pasien COVID-19 lainnya.

Namun akhirnya sang ayah dapat ruangan ICU untuk melanjutkan perawatan kesehatan. Sebelum ke rumah sakit, Vicky Prasetyo menegaskan, ayahnya itu sempat menjalani isolasi mandiri di rumah.

(pig/mau)