Rombongan Artis Diisukan Masuk Geopark di Masa PPKM, Satgas COVID-19: Pelanggaran!

Syahdan Alamsyah - detikHot
Senin, 02 Agu 2021 17:40 WIB
Poster
Rombongan Artis Diisukan Masuk Geopark di Masa PPKM, Satgas COVID-19: Pelanggaran! (Foto: Edi Wahyono)
Sukabumi -

Video yang disebut-sebut bersumber dari Instagram Stories artis Billy Syahputra sedang touring motor bersama teman artis lain di kawasan Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, Sukabumi viral dan jadi pembahasan warganet. Sementara diketahui Pemkab Sukabumi saat ini tengah menerapkan PPKM Level 3.

Tim Satgas COVID-19 Kabupaten Sukabumi Andi Rahman mengaku belum mengetahui soal hal itu. Namun kalaupun benar, kata Andi hal tersebut berada di ranah pengawasan Satgas Kecamatan Ciemas.

Diketahui dalam keputusan Bupati Sukabumi Nomor: 443.1/Kep.682-Hukum/2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Coronavirus Disease 2019 di Kabupaten Sukabumi disebutkan fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum, dan area publik lainnya) ditutup sementara.

"Iya itu pelanggaran harusnya ditutup, nggak boleh dibuka, ini kewenangan Satgas Kecamatan. Apakah sudah tahu atau belum itu yang harus diklarifikasi. Satgas Kabupaten baru tahu, belum ada informasi soal itu," kata Andi, Senin (2/7/2021).

Sementara itu, Camat Ciemas AG Senjaya membenarkan soal kedatangan rombongan artis tersebut. Kepada wartawan, pihaknya telah mengecek ke lokasi kunjungan rombongan artis itu di kawasan Geopark Ciletuh.

"Kami baru mengetahui setelah ada viral di medsos itu, kami cek ke lapangan betul adanya pada hari Sabtu (31/7) ada kunjungan artis ke Curug Sodong. Tapi dalam hal ini, artis itu berkunjung hanya melihat situasi di lokasi wisata selama satu jam setelah itu pulang," ungkap Senjaya.

Senjaya juga membenarkan sesuai aturan PPKM saat ini di Pemkab Sukabumi melakukan beberapa pengetatan, termasuk salah satunya penutupan kawasan wisata.

"Kalau sesuai dengan aturan atau SOP kita tutup total di objek wisata. Adapun dengan masuknya itu ini jadi persoalan, karena memang banyak pintu di areal Ciemas ini, sehingga waktu itu mungkin karena banyaknya jalan tikus makanya bisa lolos," ujar Senjaya.

Dilihat detikcom di video berdurasi 48 detik, akun @bilsky16 tampak mengunggah ulang video dari pemilik akun @gunturnugraha10. Informasi diperoleh artis yang terlihat ikut touring tersebut, yakni Billy Syahputra, Vicky Nitinegoro, Darius Sinathrya, Ibnu Jamil beserta artis lainnya datang mengunjungi kawasan wisata.

(sya/mau)