Taqy Malik dan Kisah Haru Kakek 60 Tahun yang Kelaparan demi Cari Kerja

Hanif Hawari - detikHot
Sabtu, 31 Jul 2021 14:28 WIB
taqy malik
Taqy Malik didatangi oleh kakek berusia 60 tahun yang kelaparan karena kehabisan uang merantau ke Jakarta untuk cari pekerjaanFoto: Instagram
Jakarta -

Taqy Malik akhirnya kembali bertemu dengan Kakek Santoso yang beberapa waktu lalu datang ke rumahnya dengan kondisi kelaparan, dan kehabisan uang di Jakarta demi mencari pekerjaan. Taqy Malik tak menyangka pria berusia 60 tahun itu kembali mendatangi rumahnya setelah dia bersusah payah mencarinya.

Kakek Santoso mendatangi rumah Taqy Malik pada pagi hari, saat dirinya hendak berangkat pergi ke kantor. Sesuai janji, Taqy Malik langsung mengajaknya ke kantor untuk memberikannya pekerjaan.

"Alasan terima kakek Santoso karena beliau adalah seorang ayah, seorang bapak yang berumur 60 tahun yang masih terus berjuang buat mencari kerja di Jakarta," ujar Taqy Malik saat dihubungi wartawan, Sabtu (31/7/2021).

Seperti diketahui, Kakek Santoso adalah pria asal Tegal, Jawa Tengah. Ia merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan.

Satu bulan di Ibu Kota, Santoso belum juga mendapatkan pekerjaan. Ia hidup luntang-lantung di Jakarta meninggalkan istri dan ketiga anaknya hanya untuk mencari nafkah.

"Dia merantau sudah sebulan yang lalu dari Tegal ke Jakarta, ke sana, ke mari, cari kerjaan nggak ada yang mau nerima beliau," tutur Taqy Malik.

Selama di Jakarta, Santoso tinggal di sebuah masjid di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan. Hingga tiba masa di mana uangnya habis dan tidak bisa makan.

Meskipun begitu, Santoso pantang menyerah. Ia terus berjalan ke mana kakinya melangkah untuk mendapatkan pekerjaan tanpa meminta-minta.

"Terus seminggu yang lalu beliau tiba-tiba sudah nggak punya uang lagi, belum makan selama 2 hari, beliau lewat depan rumah saya, ngetok pintu rumah saya, dan ngomong ke pegawai saya, 'Barang kali ada nasi lebih boleh nggak kira-kira saya minta Mba?' Akhirnya saya kasih nasi, saya ajak ngobrol kenapa beliau bisa sampai seperti ini," ungkap Taqy Malik.

"Katanya sudah sebulan beliau cari kerjaan di Jakarta nggak ketemu apa-apa. 'Barang kali Bapak ada kerjaan yang bisa mungkin, kebun,' terus saya bilang, 'Nggak ada Pak, tapi kalau mau mungkin tunggu sehari dua hari saya carikan kerja buat di kantor.' Ya sudah itu saya kasih makanan, saya kasih ongkos buat beliau pulang," papar Taqy Malik.

Beberapa hari setelah itu Taqy Malik mencoba menghubungi Santoso lewat nomor yang sempat diberikannya. Namun sayang, nomor tersebut tidak bisa dihubungi.

"Kontak beliau yang dia kasih ke saya waktu itu salah. Akhirnya saya cari-cari beliau ke tempat beliau bilang di Masjid Ni'mah nggak ada, yaudah saya tawakal aja pasrah sama Allah, kalau memang ini rezekinya beliau, beliau pasti datang ke rumah lagi. Benar, tiga hari kemudian datang lagi ke rumah pas mau berangkat kerja," beber Taqy Malik.

"Karena beliau kondisinya juga sudah tua, kasihan, terus juga melihat kegigihan beliau yang memang sebagai seorang ayah, saya membayangkan posisinya kalau itu ayah saya, saya juga nggak akan tega. Ya sudah pagi itu beliau datang ke rumah, saya kaget kan, saya senang juga, ya sudah langsung saya ajak ke kantor, saya kasih kerjaan ke beliau buat di Taqychan Saffron buat bantu-bantu bersihin di lantai satu," tukasnya.

Kisah tersebut juga dibagikan Taqy Malik di media sosial TikTok nya. Video tersebut viral hingga membuat netizen terharu dengan perjuangan sang kakek.



Simak Video "Ayah Taqy Malik Dipolisikan Bekas Pengacaranya!"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/pus)