Foto Bugil Palsu Beredar di Twitter, Titan Tyra Ngaku Diperas

Mauludi Rismoyo - detikHot
Rabu, 28 Jul 2021 09:33 WIB
titan tyra
Foto Bugil Palsu Beredar di Twitter, Titan Tyra Ngaku Diperas. (Foto: Instagram @titantyra)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, ribuan foto palsu perempuan bugil beredar di media sosial. Salah satunya ada foto palsu selebgram sekaligus YouTuber Titan Tyra.

Kini Titan Tyra memberikan sebuah pernyataan terkait hal tersebut. Ia mengaku sudah tahu foto dirinya direkayasa bugil tersebar di media sosial.

Titan Tyra juga mengatakan sempat diperas oleh beberapa oknum. Hal tersebut membuatnya geram.

"Halo semuanya, saya mau kasih penyataan resmi dari saya. Ada beberapa foto2 saya yang dipalsukan bugil beredar di Twitter dan di platform sosial media lainnya. Saya pun tidak tau beredar dimana, tapi saya akhir2 ini terima beberapa email tentang hal ini, hingga ada yang pakai bahasa pemerasan walaupun itu foto palsu," tulis Titan di Instagram.

Titan Tyra sebetulnya tak mau menanggapi masalah itu. Namun ia kini, ia tiba-tiba berubah sikap dan memilih mengambil tindakan.

"Saya tadinya mau mengabaikan saja masalah ini karena saya dan keluarga tau itu adalah foto editan, serta memang sudah ribuan perempun menjadi korban (jika tidak familiar dengan pemalsuan seperti ini bisa coba google 'foto palsu perempuan tanpa busana edit pakai deepfake', akan tidak ada ratusan artikel tentang masalah ini); tetapi kalau saya speak up tentang masalah ini, berarti saya secara tidak langsung mendukung hal ini untuk berlanjut," ujarnya.

Titan Tyra berharap lewat pernyataannya bisa meluruskan masalah tersebut. "Saya ingin menggunakan platform saya untuk raise awareness mengenai ini, karena tidak semua korban bisa speak up," tuturnya.

Titan Tyra lalu mengingatkan netizen untuk tidak menyebar foto-foto tersebut. Menurutnya ada ancaman pidana terkait itu.

"Untuk teman - teman semua, tolong kalau kalian melihat foto2/ video2 bugil SIAPAPUN, dan apapun itu mau fake atau bahkan asli sekalipun jangan di share. Kalau kamu share, kamu pun termasuk sebagai bagian besar dari masalah ini," katanya.

"Ini adalah masalah global dan termasuk dalam kejahatan cyber. Kejahatan siber adalah tindakan kriminal dan dapat dipidana secara hukum. This is a global problem. It is cyber crime and it is punishable by law," lanjutnya.

Pernyataan Titan Tyra ramai disukai warganet. Ia juga diberi dukungan agar bisa melewati masalah fitnah foto bugil tersebut.

"Waduh. Thank you for sharing Titan, ini info bermanfaat bgt, jadi parno takut orang lakuin itu juga pake photo aku. Semangat terus ya, once more Thank you," komen Yulia Baltschun.

"Banyak orang orang gak bertanggung jawab memanfaatkan. Gawat ya," sahut Vincent Raditya.

(mau/nu2)