Denada Ungkap Kondisi Kesehatan Anak yang Dikabarkan Drop Lagi

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Rabu, 28 Jul 2021 08:07 WIB
Jakarta -

Kesehatan anak Denada, Aisha, tiba-tiba sempat menurun hingga harus dirawat di rumah sakit. Padahal, Aisha sebelumnya dalam keadaan sehat, meski telah menjalani pengobatan akibat sakit leukimia.

"Jadi ya itu nggak disangka banget itu aku kaget, setelah sekian lama dia cukup baik, dia cukup bagus kondisinya, dia tiba-tiba dia demam. Demamnya, demam tinggi dan tiba-tiba mungkin ada histori sejarah medisnya dia yang dulu diagnosa dia di tahunan 2018, yaitu leukimia, walaupun itu sudah lama tapi setiap kali ada apa pun walau sedikit kita harus aware," ujar Denada dalam komunikasi via telepon di Live Kopi Viral, Trans TV ,pada Selasa 27 Juli 2021.

Pada saat itu, Denada juga kesulitan mencari klinik hal itu dikarenakan hal itu terjadi di akhir pekan.

"Aku bawa ke emergency pada saat itu weekend. Kliniknya itu nggak buka kalo weekend. Akhirnya dokter memutuskan untuk opname untuk di-observasi," katanya.

Sebelum diopname, Aisha sempat menjalani tes usap (swab test). Tes swab dilakukan sebanyak dua kali dengan jenis yang berbeda.

"Iya kalo mau diopname harus masuk ke khusus untuk onkologi anak ya. Berarti semua yang masuk situ harus swab. Udah gitu swab-nya harus dua, yang kedua yang PCR dan itu pertama kali dia nangis. Ya sudah lah tapi dia disarankan saja untuk opname, apapun yang harus dilakukan ya kita lakuin," bebernya.

"Aku ikut nemenin dia juga ya udah jadi berhari hari nemenin dia saja," tuturnya lagi.

Denada juga bercerita, hingga kini, penyakit anaknya belum diketahui secara spesifik. Tim tenaga kesehatan masih melakukan observasi terhadap kondisinya.

"Kami belum tahu, sudah berusaha dicari tahu sama dokternya, mohon doanya untuk semuanya kondisi semakin baik, segar, bisa betul-betul jadi cancer survivor, amin, dicari semuanya, di-xray, ada bakteri kah apakah ada virus mereka berusaha mencari. Kira-kira virus apakah yang ada di dalam darahnya, jadi semua sudah dilakukan. Tapi alhamdulillah setelah beberapa hari dilakukan dikasih obat dirawat diobserve banget gitu," ceritanya.

"Sehari kita bisa dua (hingga) tiga kali ke dokter, dokter lihat Aisha gimana. Alhamdulillah akhirnya dia demamnya turun dia semakin pulih sehat seger akhirnya dokter bilang oke boleh pulang kita harus monitor di rumah cuma harus berkala checkup," kata Denada lagi.

Sementara itu, untuk kemoterapi, Denada mengatakan Aisha sudah tak melakukan hal itu. Namun, kondisinya tetap dalam pengawasan dokter.

"Kemoterapinya itu alhamdulillah sudah selesai. Kami bersyukur sekali untuk itu, gitu sekarang memang yang harus kita lakukan dijaga, dimonitor, kita harus obeserve melakukan yang kita mampu," ujarnya.

Di akhir, Denada juga menyebutkan dirinya selalu berdoa kepada Tuhan agar anaknya diberikan kesehatan selalu.

"Yang pasti doa, doa, doa kepada Maha Penyembuh, Maha Kuasa atas segala sesuatu. Supaya Aisha betul-betul diberikan terus kesehatan, fisik yang kuat bugar itu doa kita," tuturnya.

(fbr/srs)