Alyssa Spischak Dinikahi Bule Mualaf, Ini Syarat dari Ustaz Derry Sulaiman

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 16 Jul 2021 16:27 WIB
Alyssa Spischak
Alyssa Spischak ceritakan perjuangan dapat restu dari Ustaz Derry Sulaiman menikah dengan bule Foto: Instagram
Jakarta -

Alyssa Spischak menceritakan susahnya mendapat restu dari sang ayah sambung, Ustaz Derry Sulaiman dan sang bunda untuk menjalin hubungan dengan Evert, bule asal Estonia. Kantongi restu, ada syarat dari Ustaz Derry Sulaiman.

Kepada detikcom, Alyssa Spischak menceritakan perjuangannya sampai akhirnya menikah dengan Evert, bule mualaf yang kini jadi suaminya.

"Susah banget. Susah sih, tapi karena mungkin si Evert lebih menghargai Abi jadi dia lebih dengerin Abi. Tapi, kalau buat ketemu sama Abi dan Mama, Evert memang mau," kata Alyssa Spischak, kepada detikcom melalui sambungan telepon, Jumat (16/7/2021).

Tantangan masih ada ketika Evert awalnya tidak mau masuk Islam. Menikah secara Islam adalah satu syarat dari Ustaz Derry Sulaiman untuk merestui hubungan putri sambungnya dengan Evert.

"Cuma waktu aku ngomong disuruh nikah secara Islam, terus Abi minta masuk Islam, Evert keberatan gitu awalnya," kata perempuan yang akan berulang tahun ke-22 pada Agustus 2021.

"Terus nggak tahu, kayak pas ketemu Abi langsung mau (masuk Islam). Pas ketemu langsung matanya itu kayak, yang awal dia bilang nggak mau, pas lihat Abi langsung yang dengerin Abi gitu," sambungnya.

Awalnya kedatangan Ustaz Derry Sulaiman datang ke Bali bersama sang istri, Antika Jodha karena rindu dengan sang buah Alyssa Spischak. Alyssa Spischak memang selama ini tinggal di Bali.

Tahu sang putri menjalin hubungan dengan pria bule, Ustaz Derry Sulaiman langsung berencana untuk sekalian menikahkan sang putri.

"Sebenarnya awal ke Bali, Abi sama Mama kangen mau ketemu. Terus kata Abi sekalian aja dinikahi secra Islam dan kekeluargaan. Aku ngomong ke Evert, 'Gimana nih, Abi langsung mau nikah secara Islam?' Evert bilang, 'Aku nggak mau karena aku belum siap. Aku rencana nikahin kamu umur 23 itu benar-benar dari hati aku,'" ceritanya.

Mendapat penolakan dari sang kekasih untuk menikah dengan alasan belum siap, Alyssa Spischak tak mau memaksa. Alyssa Spischak yang juga keturunan Jerman dan Indonesia, memahami cara berpikir seorang bule.

"Pemikiran bule kan beda ya. Aku bilang sama Abi dan Mama, 'Ma, Abi, Evert-nya nggak mau.' Cuma aku takut kalau aku paksa dia nggak nyaman sama aku. Aku takut dia pergi. Akhirnya Abi maksa ke Bali secepat mungkin," tuturnya.

Cerita lain justru terjadi ketika pacar bule Alyssa Spischak bertemu langsung dengan Ustaz Derry Sulaiman. Bahkan Ustaz Derry Sulaiman langsung meminta Evert menikahi putrinya.

"Pas sampai, Abi bilang 'Sudah kamu nikah ya!' Itu Abinya nggak tanya-tanya (dulu ke Evert). Tapi, bersyukur pas ketemu Abi dia langsung menghargai, lebih mendengarkan," ungkapnya.

Akhirnya Alyssa Spichak menikah dengan Evert pada Sabtu (3/7). Evert juga lebih dulu menjadi mualaf dengan dibimbing oleh Ustaz Derry Sulaiman.

Sejak awal, Alyssa Spischak mengaku tak ragu mempertemukan kekasihnya dengan Ustaz Derry Sulaiman dan sang bunda.

"Nggak sama sekali. Evert-nya sudah friendly dan mau ketemu Abi juga. Cuma kan takut nggak sependapat sama Abi, bentrok, ternyata nggak," tutur Alyssa Spischak yang kini sudah merasa jauh lebih tenang.



Simak Video "Istri Ustaz Derry Sulaiman Dianiaya Kernet Bus Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)