Love Island Terancam Dihentikan Usai Host dan Pesertanya Bunuh Diri

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 13 Jul 2021 21:32 WIB
Amber Gill, juara acara relaity show Love Island.
Love Island Terancam Dihentikan Usai Host dan Pesertanya Bunuh Diri. (Foto: Dok. Instagram/amberrosegill)
Jakarta -

Reality show Love Island terancam dihentikan penayangannya usai serangkaian tragedi menimpa acara tersebut. Bos Ofcom, Adam Baxter, pun memperingatkan mereka akan kehilangan lisensi penayangan, jika tak segera membenahi acaranya itu.

Ia menjelaskan mereka harus bisa melindungi pesertanya dan tahu apa yang harusnya ditayangkan dan tidak boleh disiarkan dalam acara tersebut.

"Kita bicara tentang acara seperti Love Island yang menarik banyak perhatian media serta media sosial, mulai dari konflik, situasi yang menguras emosi, atau hal privasi yang mengubah seseorang dan aspek lainnya," ujar Baxter.

"Mereka harus menjelaskan untuk para penonton di rumah, jika program tersebut melindungi orang-orang di dalamnya. (Jika mereka tak menuruti) Kami memiliki kuasa untuk mendenda atau mengambil lisensi penayangan mereka," tambahnya.

Acara Love Island menuai sorotan usai kedua kontestan mereka yakni Sophie Gradon dan Mike Thalassitis memilih mengakhiri hidupnya usai tampil di acara itu.

Tak hanya itu saja, bintang Love Island lainnya yakni Chloe Burrows juga mendapatkan ancaman dari seseorang yang kini sedang diburu oleh polisi.

Ancaman tersebut dikirimkan tiga hari sebelum tayangan tersebut disiarkan. Bos ITV pun langsung bergerak cepat dengan membuat laporan ke polisi bersama dengan pihak keluarga.

"Hal yang menyedihkan adalah orang-orang di dunia maya menganggap, jika hal tersebut merupakan sesuatu yang biasa dan hal normal yang wajar, jika terjadi. Ini tak boleh diteruskan. Kita harus bangkit dan melawan serta menuntut perubahan di beragam platform sosial seperti Instagram, untuk melindungi orang yang kita sayang saat mereka benar-benar membutuhkannya," tulis pernyataan lengkap mereka.

Sebelum acara itu tayang, bos Love Island pun mengingatkan para penontonnya untuk berpikir terlebih dahulu sebelum memposting sesuatu di media sosialnya terkait dengan para bintang di acara itu agar tak ada lagi cyber-bullying.

Belum lama ini pun bintang Love Island Demi Jones mendapatkan bully-an di media sosial usai mengabarkan dirinya didiagnosa menderita kanker tiroid.

"Hahaha kamu punya kanker," tulis netizen.

Demi pun membalas dengan mengatakan komentar itu sangat kejam dan tak sopan karena menertawakan kondisi seseorang.

"Aku tidak pernah meresponsnya, tapi hal ini tidak bisa diterima. Aku mohon jangan jadi orang seperti itu. Terima kasih untuk semua kebaikan," balas Demi.

(ass/mau)