Tips UAS Sembuh Usai Alami Gejala COVID-19 hingga Tulang Serasa Mau Putus

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 13 Jul 2021 11:31 WIB
Jakarta -

Ustaz Abdul Somad ternyata pernah mengalami gejala COVID-19. Saat itu, merasa usianya tidak lama lagi.

Momen tersebut dialami pria yang sering disapa UAS itu saat COVID-19 baru masuk ke Indonesia. Ia baru pulang dari luar kota.

"Awal banget COVID merebak di tahun 2020 sekitar bulan April. Entah Maret atau April, saya lupa. Tapi seingat saya beliau cerita awal-awal COVID di Indonesia," ungkap Faiz, Koordinator Media Ustaz Abdul Somad, kepada detikcom, Selasa (13/7/2021).

Akhirnya, Ustaz Abdul Somad memilih untuk isolasi mandiri di rumahnya di Pekanbaru, Riau. Ia juga mengonsumsi minuman herbal.

"Minum madu dicampur air hangat, sehari bisa lebih 3 kali," jelas Faiz.

Selama ini, Faiz mengatakan, Ustaz Abdul Somad memang dikenal selalu menjaga kesehatannya. Beberapa ajaran Nabi Muhammad SAW dijalankan oleh UAS.

"UAS sangat menjaga makan dan minum. Seperti ajaran Rasullullah, makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang. Porsi makan beliau juga nggak banyak," ujar Faiz.

Demi menjaga kebugaran tubuhnya, Ustaz Abdul Somad disebut Faiz juga rutin mengonsumsi susu.

"UAS minum susu sapi segar atau fresh milk kemasan tidak minum es, walau pernah sesekali saja, sangat jarang," terang Faiz.

Sebelumnya, di Instagram Kajian Musyawarah, UAS mengaku pernah mengalami gejala COVID-19. Meski tidak memeriksakan diri, tapi ia yakin gejala tersebut adalah karena paparan virus Corona.

"Saya pernah menyangka mati, kapan ustaz menyangka mati? Ketika saya tiba-tiba pulang dari luar kota. Sampai di rumah semua tulang-tulang saya ini rasanya mau putus. Hari kesatu sama hari kedua tulang-tulang sendi mau putus," ujar UAS.

"Saya tidak pernah periksa, padahal ciri-ciri itu ada. Tulang mau putus, topi dipasang mau copot ditusuk-tusuk jarum. Durian dicium tak ada baunya. Di situ lah saya merasa durian itu tak enak sama sekali," ucapnya.

(dar/nu2)