Dede Sunandar Tak Malu Jualan Cireng Meski Jadi Artis

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 07 Jul 2021 19:04 WIB
Dede Sunandar saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk.
Dede Sunandar tak malu jualan cireng meski sudah jadi artis. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Komedian Dede Sunandar menjelaskan terkait dirinya saat ini yang tengah berbisnis. Dede mengaku sedang berjualan cireng untuk memperbaiki kondisi ekonominya di masa pandemi COVID-19.

Dijelaskan Dede, usaha cirengnya ini dijalani sebelum pandemi COVID-19 merebak di Tanah Air. Ia membuka usahanya itu di Semarang, Jawa Tengah dengan sistem berdagang daring.

"Jadi emang sebelum pandemi udah jualan, di Semarang. Sebelum syuting udah punya, pas ramai pas gua syuting di Brownis," ujar Dede saat dijumpai di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (7/7/2021).

"Pikiran orang jualan cireng gerobak padahal cireng online," lanjut Dede.

Saat memasuki awal pandemi COVID-19, Dede mengaku tak mendapat pekerjaan sebagai komedian di televisi. Ia sempat bingung mencari cara mendapatkan uang untuk keluarganya.

Lalu ia teringat dengan usaha cirengnya di Semarang. Dari kegiatan itu, Dede mengaku menekuni usahanya kembali untuk menyambung perekonomiannya.

"Ditekuni pas pandemi kita nggak ada kerjaan itu kita kau ngapain, harus kreatif di rumah. Ya sudah jualan cireng aja online," tutur Dede.

Meski menjadi artis, Dede Sunandar tak malu untuk berjualan cireng. Bagi Dede, hingga saat ini ia masih melakukan hal yang halal untuk mendapatkan uang.

"Kalau malu ya nggak lah. Ibaratnya malu mah nggak pernah malu kita. Selama kita julan sendiri (halal) terus kita nggak ngemis sana sini, minta sama orang, halal juga. Nabi kan dulu juga berdagang. Nggak pernah malu sih," tegas Dede.

Usaha Dede Sunandar ini diakui banyak peminatnya. Mengaku banyak mendapatkan pesanan cireng.

Usahanya ini juga dijalankan Dede Sunandar bersama istrinya. Ia terkadang mengajak sang istri untuk ikut berbelanja bahan pembuatan cireng.

"Banyak yang beli, banyak yang pesan," ungkap Dede Sunandar.

"Istri ikut. Buat belanja ke pasar biasanya istri, kadang-kadang Dede sendiri," sambungnya.



Simak Video "Istri Dede Sunandar Tak Bisa Beri ASI ke Anak karena Terpapar COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/wes)