Profil dan Kisah Perjalanan Hidup Jane Shalimar

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 04 Jul 2021 13:38 WIB
seleb
Profil dan kisah perjalanan hidup Jane Shalimar yang berliku Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Artis Jane Shalimar meninggal dunia pada pagi dini hari tadi, Minggu (4/7/2021) pukul 04.02 WIB. Sempat kritis, Jane Shalimar berjuang melawan COVID-19 dalam perawatan di ruang ICU.

Selain terinfeksi virus Corona, Jane Shalimar diketahui juga memiliki penyakit penyerta, yakni asmi. Ia juga mengidap pneumonia berat yang menyebabkannya mengalami penurunan saturasi oksigen secara drastis.

Jane Shalimar merupakan anak dari pasangan Dicky Sadikin dan Isye Faiza. Ia lahir pada 2 Juni 1980. Ia mengawali karier sejak usia belia. Dirinya pun pernah mengikuti kompetisi model sampul sebuah majalah.

Semasa hidupnya, Jane Shalimar dikenal karena membintangi sejumlah judul sinetron dan ftv, di antaranya Padamu Aku Bersimpuh, Jalan Keadilan, Selendang Sutra Biru, Istri Pilihan, Selebritis Juga Manusia, serta Kasih dan Cinta yang Hilang.

Tidak hanya berakting, ia pun sempat menjadi presenter di sejumlah acara televisi dan penyiar radio.

Pada 2016, ia membintangi film komedi besutan sutradara Asril Sani dan Halim Gani Safia yang berjudul Uang Panai' = Maha(r).

Tak hanya berkiprah di industri hiburan, Jane Shalimar akhirnya menjajal menjajaki dunia politik. Ia sempat bergabung dengan Partai Demokrat dan Partai Nasdem.

Dirinya sempat mencalonkan diri sebagai anggota dewan, tetapi tidak berhasil terpilih sebagai wakil rakyat.

Mendiang juga pernah bergabung dalam barisan pendukung Agus Harimurti Yudhoyono di Pilkada DKI Jakarta 2017. Jane Shalimar menjadi ketua panitia acara deklarasi dukungan Barisan Teman Agus-Sylvi (Batas) saat itu.

Pada Pilkada Calon Wali Kota Tangerang Selatan di 2020, Jane Shalimar juga turut memberi dukungan pada Siti Nur Azizah yang merupakan anak dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Jane Shalimar pernah menikah dengan Vebryanto Indra Kusuma Jahja, tetapi rumah tangganya harus berakhir dengan perceraian. Namun, dari pernikahan itu, dia dikaruniai seorang anak bernama Muhammad Zarno.

Selain itu, ia juga pernah dikabarkan menjalin hubungan dengan sejumlah pria, di antaranya Iko Uwais dan Didi Mahardika.

Bersama Didi Mahardika, kisah cinta Jane Shalimar cukup rumit. Setelah berpisah, Jane Shalimar mengaku sudah nikah siri dengan Didi Mahardika.

Pengakuan itu tak berbalas. Akhirnya, Jane Shalimar mengajukan itsbat nikah dan gugatan cerai.

Barulah pada 20 Februari 2020, Jane Shalimar menikah dengan Arsya Wijaya sampai sekarang. Akan tetapi, pernikahan itu juga sempat bermasalah karena ternyata tak tercatat di KUA Teluk Jambe Timur, Karawang dan masih berstatus siri.

Kini, Jane Shalimar telah tiada. Mendiang Jane Shalimar dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan dengan protokol COVID-19 hari ini.



Simak Video "Duka Rekan Artis untuk Kepergian Jane Shalimar"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/pus)