Fakta-fakta Rangkaian Acara Jelang Pernikahan Lesti Kejora-Rizky Billar

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Sabtu, 03 Jul 2021 08:36 WIB
Rizky Billar dan Lesti Kejora
Fakta-fakta rencana rangkaian acara jelang pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar terganjal aturan penyiaranFoto: Noel/detikcom
Jakarta -

Lesti Kejora dan Rizky Billar akan segera menikah. Mereka berencana untuk menggelar acara pengajian dan acara adat pada 4 Juli 2021. Acara tersebut bakal disiarkan langsung oleh stasiun televisi ANTV dengan durasi 11,5 jam.

Namun, malang tak dapat ditolak, rencana itu terancam urung diadakan karena terganjal aturan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Hal itu disampaikan oleh Ketua KPI, Agung Suprio.

Berikut fakta-fakta tentang pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar:

Hanya Boleh Tiga Jam

Komisi Penyiaran Indonesia kini telah memberlakukan peraturan baru untuk penyelenggaraan pernikahan oleh stasiun televisi. Ada tiga poin dalam peraturan yang sekaligus menjadi syarat buat stasiun televisi dalam menyiarkan acara pernikahan artis.

Dijelaskan oleh Agung Suprio, ketua umum Komisi Penyiaran Indonesia, syarat-syarat tersebut di antaranya mencakup soal durasi, konten, dan protokol kesehatan. Sayangnya soal durasi, rencana penayangan rangkaian pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora bentrok dengan peraturan KPI.

"Ada tiga hal yang ingin saya sampaikan dan menjadi acuan untuk semua stasiun TV, yang pertama itu durasi. Durasi itu maksimal tiga jam," tutur Agung Suprio.

Harus Taat Protokol Kesehatan

Aturan baru yang diungkapkan oleh Agung Suprio juga berkenaan dengan diberlakukannya protokol kesehatan di masa pandemi virus COVID-19. Terlebih, di tanggal yang dipilih oleh Lesti Kejora dan Rizky Billar, Indonesia telah memberlakukan PPKM Darurat.

"Karena bukan hanya demi keselamatan artis ataupun pengunjung atau orang tua, tetapi lebih dari itu juga menunjukkan kepada penonton bahwa sekarang ini eranya pandemi. Maka harus taat pada protokol kesehatan. Jadi artis yang menikah itu harus memakai masker," jelas Agung.

Selain itu, Lesti dan Billar diharapkan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 daerah tempat acara dihelat. Menurutnya hal tersebut penting dilakukan agar semua agenda berjalan dengan lancar.

Adat Minang

Menurut pihak stasiun televisi swasta yang bakal menyiarkan acara tersebut, pengajian dan upacara adat yang diadakan oleh Lesti Kejora dan Billar bakal digelar dalam adat Minang.

"Kami menitikberatkan (acara) itu adalah adat Minang. Jadi di sini akan banyak acara adat. Billar akan diadakan secara Minang, artinya dari bujang lepas keluarga dan akan memulai keluarga baru. Nah acara lebih mengadakan Lesti secara Minang. Jadi nanti look-nya, visualnya, akan adat semua," ujar Elias Leonardo, Executive Producer ANTV.

Mempertimbangkan Kembali

Karena adanya aturan PPKM Darurat dan tingginya kasus COVID-19, pihak Rizky Billar dan Lesti Kejora tengah berupaya kembali mempertimbangkan berlangsungnya acara tersebut.

Hanya saja, mereka belum dapat memastikan keputusan apa yang akan mereka ambil.

"Kalau bilangin akan mundur atau tidak ya kita belum tahu. Lagi di-meeting-in hari ini sama besok, lagi diobrolin gimana. Kan kita juga nggak mungkin dong bikin acara walaupun itu acara pengajian pun lagi dalam kondisi negara kita kayak gini. Jadi ya kita lihat dulu baiknya gimana, keputusannya gimana," ujar Derry, manajer Rizky Billar dijumpai di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan.



Simak Video "Rizky Billar dan Lesti Kejora Resmi Menikah dengan Maskawin Fantastis"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/pus)