Kata KPI Soal Pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora Bakal Tayang 11,5 Jam di TV

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 02 Jul 2021 19:04 WIB
Rizky Billar dan Lesti Kejora
(Foto: Noel/detikcom) Ketua KPI mengomentari rencana gelaran rangkaian pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora yang akan disiarkan langsung 11,5 jam di TV.
Jakarta -

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melalui Ketua Umum, Agung Suprio, membahas perihal rencana penayangan acara pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora selama 11,5 jam di televisi. Acara tersebut akan ditayangkan stasiun ANTV.

Agung mengaku sudah mengkonfirmasi terkait adanya rencana tersebut kepada pihak stasiun televisi penyelenggara. Disebutnya, pihak penyelenggara akan mengubah susunan acara pernikahan itu.

"Saya sendiri sudah konfirmasi ke pihak televisi yang bersangkutan bahwa mereka akan mengubah susunan acaranya," ujar Agung saat dihubungi detikcom, Jumat (2/7/2021).

Dijelaskan Agung, mengingat saat ini upaya penekanan angka pasien positif COVID-19, KPI membuat tiga persyaratan dalam pelaksanaan penyiaran khusus televisi.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agung Suprio (Dok Istimewa)Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agung Suprio (Dok Istimewa) Foto: Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Agung Suprio (Dok Istimewa)

Tiga hal tersebut di antaranya durasi maksimal 3 jam, memasuki unsur budaya Indonesia, dan taat menjalankan protokol kesehatan COVID-19. Ketiganya juga wajib dilakukan oleh pihak penyelenggara acara pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora.

"Ada tiga hal yang ingin saya sampaikan dan menjadi acuan untuk semua stasiun TV. Yang pertama itu durasi. Durasi itu maksimal 3 jam. Yang kedua budaya. Jadi harus ada pernikahan itu memakai budaya indonesia. Kenapa? Karena kita ingin agar kalangan millennial yang atau tidaknya fans dari artis itu mengetahui tentang budaya Indonesia. Jadi ada pengaruh budaya, wajib itu pakai budaya Indonesia," papar Agung.

"Ketiga taat pada protokol kesehatan. Nah ini penting juga. Karena bukan hanya demi keselamatan artis ataupun pengunjung atau orang tua, tetapi lebih dari itu juga menunjukkan kepada penonton bahwa sekarang ini eranya pandemi. Maka harus taat pada protokol kesehatan. Jadi artis yang menikah itu harus memakai masker," papar Agung lagi.

Selain tiga syarat tersebut, Agung juga meminta agar pelaksanaan acara itu disepakati oleh Satgas COVID-19 yang ada di tempat perhelatan acara.

Setelah mematuhi semua syarat maka acara tersebut dapat dijalankan sesuai agenda yang ada. Hal ini juga sudah disampaikan Agung kepada pihak penyelenggara acara pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora.

"Nah sekarang situasinya ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat), setiap televisi itu harus minta izin kepada Satgas setempat. Tempat lokasi acara. Karena situasi kayak gini. Jadi harus dapat izin Satgas setempat," lanjut Agung.

(pig/aay)