Bill Cosby Bebas dari Penjara Usai Hukuman Kasus Pelecehan Seksual Dibatalkan

tim detikhot - detikHot
Kamis, 01 Jul 2021 06:27 WIB
Jakarta -

Bill Cosby dibebaskan dari penjara, Rabu waktu setempat, setelah Mahkamah Agung Pennsylvania membatalkan hukuman penyerangan seksual yang dituduhkan pada 2018. Keputusan pengadilan tampaknya akan mengakhiri kasus itu.

Sementara itu, lebih dari 50 wanita di seluruh negeri menuduh Bill Cosby melakukan penyerangan seksual. Tapi undang-undang pembatasan dalam kasus mereka membuat tuntutan lebih lanjut tidak mungkin dilakukan.

Bill Cosby telah menjalani tiga tahun hukuman di penjara keamanan maksimum di luar Philadelphia. Komedian berusia 83 tahun itu, langsung kembali ke rumahnya. Ia terlihat lemah dan berjalan pelan, dibantu masuk oleh pengacara dan juru bicaranya.

Kasus Bill Cosby dimulai dengan penangkapannya pada 2015 atas tuduhan telah membius dan melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita di rumahnya, 11 tahun sebelumnya.

Pada bulan April 2018, juri memvonis Cosby atas tiga tuduhan penyerangan tidak senonoh yang diperparah terhadap Andrea Constand, karyawannya di Temple University.

"Kebenaran menang," kata Andrea Constand kala itu.

Tapi kini setelah Bill Cosby dibebaskan, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh pengacaranya, Andrea Constand mengatakan, keputusan pengadilan tidak hanya mengecewakan, tetapi juga mengkhawatirkan karena dapat membuat mereka yang mencari keadilan untuk kekerasan seksual, dapat memaksa korban untuk memilih antara mengajukan tuntutan pidana atau perdata.

(nu2/nu2)