Anji Tak Bisa Seenaknya Pulang dari RSKO, Ini Kegiatan yang Dilakukan

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 28 Jun 2021 15:35 WIB
Anji
Anji masih ada status hukum tak bisa seenaknya dipulangkan dari RSKO dan banyak hal yang akan dia lakukan Foto: Karin/detikcom
Jakarta -

Usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyalahgunaan narkotika, Anji kini menjalani rehabilitasi di RSKO, Cibubur, Jakarta Timur. Anji disebut langsung memgikuti berbagai kegiatan.

Beberapa kegiatan Anji selama rehabilitasi pun dijelaskan Carlamia Halusikoey selaku dokter kesehatan jiwa yang merawat suami Wina Nathalia itu.

Anji disebut menjalani detoksifikasi guna mengurangi kadar racun di dalam tubuhnya. Hal itu juga sebagai salah satu untuk penetapan waktu Anji menjalankan rehabilitasi.

"Memang kami ada program ya, jadi sebelum masuk ada detoksifikasi. Melakukan asesmen kira-kira berapa lama dia akan dirawat dan kan masuk program apa," ujar Carla dalam jumpa pers di RSKO, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (28/6/2021).

Beberapa kegiatan di RSKO juga turut dijelaskan seperti adanya pemeriksaan oleh dokter spesialis, dokter umum, hingga konseling setiap minggunya.

Pada pagi hari diadakan kegiatan spiritual dan konseling keluarga guna menyiapkan mental pasien ketika nanti dipulangkan ke rumah. Pada malam Minggu menjadi waktu hiburan untuk pasien dengan memberikan aktivitas bernyanyi hingga menonton film.

"Ada program banyak yang akan dilakukan di dalam. Setiap minggu ada visit dari spesialis, dokter umum, ada konseling," tutur Carla.

"Setiap pagi ada kegiatan-kegiatan spiritual, ada juga konseling keluarga mempersiapkan dia (pasien) untuk kembali pada keluarga. Malam Minggu ada aktivitas, boleh nyanyi, nonton film," lanjutnya lagi.

Carla juga menjelaskan, Anji yang merupakan pasien dengan status hukum dan masih terus diawasi oleh polisi. Usai masa rehabilitasinya nanti, Anji tak langsung dipulangkan ke rumah.

Pihak RSKO juga menunggu konfirmasi lebih lanjut dari pihak kepolisian ketika Anji sudah diperbolehkan pulang.

"Terkait pasien hukum, kita tidak bisa seenaknya memulangkan, karena itu pasien yang dititipkan. Jadi menunggu konfirmasi dari penyidik," tutur Carla, salah satu dokter yang menangani Anji.



Simak Video "6 Hari Ditahan, Anji Ungkap Rasa Rindu Kepada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/pus)