Musisi Jepang Utada Hikaru Identifikasi Diri sebagai Non-Biner

Tim detikHOT - detikHot
Senin, 28 Jun 2021 06:35 WIB
utada hikaru
Foto: Instagram
Jakarta -

Utada Hikaru menyusul sejumlah publik figur, seperti Demi Lovato, yang menyatakan dirinya sebagai non-biner, atau non binary. Artinya, dia tidak mengidentifikasi diri sebagai perempuan atau laki-laki.

Hal tersebut diungkap oleh Utada Hikaru melalui postingan di Instagram beberapa waktu lalu. Ia mengaku kesal saat ditanya ingin dipanggil dengan sebutan Miss, Mrs, atau Ms.

"Aku lelah ditanya mau dipanggil 'Miss' atau 'Missus' atau harus memilih antara 'Miss/Mrs/Ms setiap hari. Aku tidak nyaman diidentifikasi lewat jenis kelamin atau status pernikahan. Aku juga tidak merasa menjadi bagian itu semua," ungkap Utada Hikaru.

"Setiap kali, rasanya aku seperti dipaksa untuk mengidentifikasikan diri. Aku ingin adanya opsi alternatif yang dapat digunakan oleh siapa pun dari jenis kelamin atau status sosial apa pun," lanjutnya.

Utada Hikaru kemudian mencari sebutan yang pas untuknya. Di situlah ia menemukan sebutan Mx atau yang diucapkan sebagai mix (campuran).

"Setelah menulis sepanjang ini, aku mencari dan menemukan Mx (diucapkan sebagai 'mix') disarankan untuk digunakan. Menurutku ini luar biasa, dan aku berharap hal ini bisa digunakan lebih banyak lagi. Aku khawatir ideku untuk sebutan netral datang terlalu lama," pungkas Utada Hikaru.

Pada Jumat (25/6), Utada Hikaru tampil di acara livestream dengan Hideaki Anno, yang merupakan sutradara dari Neon Genesis Evangelion. Dalam acara tersebut, ia mengaku sebagai non-biner dan dihujani dukungan oleh fans.

Utada Hikaru merupakan musisi senior di Jepang. Ia juga dikenal kerap merilis lagu-lagu soundtrack drama hingga anime.

Belum lama ini, ia juga mengisi soundtrack untuk film Evangelion: 3.0+1.0: Thrice Upon A Time lewat lagu One Last Kiss. Lagu terbarunya PINK BLOOD juga merupakan lagu pembuka untuk anime To Your Eternity.



Simak Video "'The Watcher', Ketika Aksi Iseng Angga Yunanda Malah Berujung Misteri"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/wes)