Yuni Shara Disorot soal Edukasi Seks ke Anak

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 27 Jun 2021 08:37 WIB
Yuni Shara
(Foto: Instagram @yunishara36) Netizen ramai berkomentar soal cara asuh anak Yuni Shara. Tangkapan layar berita Yuni Shara banyak dibagikan di media sosial.
Jakarta -

Yuni Shara menuai kontroversi dengan cara asuh anak yang dibagikannya belum lama ini. Yuni Shara menggunakan media film porno sebagai edukasi seks buat kedua putranya.

Netizen ramai berkomentar soal ini. Tangkapan layar berita Yuni Shara dibagikan salah satunya di akun @jakartakeras. Di situlah komentar miring soal cara asuh anak Yuni Shara membanjiri. Tidak sedikit netizen yang mengangkat alis saat membaca pilihan Yuni Shara dalam memberikan edukasi seks buat kedua anaknya.

"Hah, edukasi sih edukasi tapi ini anaknya kan udah remaja mana cowok pula, klo kejadian hal yang gak diinginkan gimana? biar gimanapun anaknya cowok terus klo nafsu kan bahaya," tulis akun @***gree.

"Liat adegan kissing di film sama emak aja awkward apalagi nonton ini hadeh," komentar @***me_yy.

"Wah ga boleh dianggap normal hal kayak gini. Please, konten porno itu konten bahaya. Dampak negatifnya itu serius buat tumbuh kembang anak. Rasanya udah banyak juga yg bahas ini, narkolema juga kan ya. Sex education itu engga langsung tentang sexnya, tapi membangun halĀ² basic dlu," komentar @********tumbuh.

Langkah Yuni Shara dalam memberikan edukasi seks kepada anak-anaknya lewat video porno rupanya menarik perhatian Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Mereka menilai film porno itu efeknya buruk bagi anak-anak.

"Konten porno itu konten berbahaya. Dampak negatifnya serius bagi tumbuh kembang anak," kata Ketua KPAI, Susanto, ketika dihubungi Sabtu (26/6/2021).

"Maka, konten porno tak boleh dilihat anak. Meski ditemani, menonton konten porno tak dibenarkan," ucapnya.

Di antara komentar-komentar miring, tidak sedikit pula netizen yang melihat dari sudut pandang yang berbeda. Mereka ada yang memaklumi dan menilai positif apa yang dilakukan oleh Yuni Shara kepada kedua anaknya.

"Sangat bagus, lebih baik terbuka & mengarahkan. Daripada bodo amat & menjadi hal tabu lalu terjerumus langkah otodidak yang sangat kelam," tulis akun @*****rio_150*.

Sebelumnya dalam video YouTube Venna Melinda, Yuni Shara menyebut bahwa dirinya sadar sekali bahwa anak-anak yang beranjak remaja di masa kini sangat gampang terekspos film dan konten porno. Di sisi lain sebagai orang tua terkadang tidak bisa 24 jam melakukan kontrol pada anak-anak mereka.

"Anak-anakku kebetulan anak-anak yang terbuka. Nggak mungkinlah ya anak-anak kita nggak nonton film porno, mau yang jenis anime atau jenis apapun segala macem, akan ada," ujar Yuni Shara.

Tak ada kata larangan atau tabu buat Yuni Shara. Dia justru memposisikan dirinya sebagai teman buat kedua anaknya terkait konten-konten tersebut.

(aay/wes)