Akhir Hidup Putri Diana dan Pangeran Charles Diduga Penyebab Kecelakaan

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 23 Jun 2021 17:53 WIB
Putri Diana
Putri Diana disebut tinggalkan catatan terakhir sebelum meninggal dunia / Foto: Istimewa
Jakarta -

Baru-baru ini kembali ramai pengakuan seorang saksi mata pada kejadian kecelakaan maut yang menewaskan Putri Diana dan juga kekasihnya, Dodi Fayed, pada 1997 lalu. Adalah Sgt Xavier Gourmelon, seorang pemadam kebakaran yang membantu Diana pada saat kecelakaan, menceritakan detik-detik usai tragedi tersebut.

Pada DailyMail ia berkisah jika saat dirinya membuka pintu sedan tersebut Putri Diana masih sadar dan terkejut hingga mengatakan 'Astaga, apa yang terjadi?' Ia pun mengatakan jika ibu dua anak tersebut sangat terguncang dan tubuhnya masih gemetar.

Pria asal Perancis itu pun mengaku sedikit mengerti dengan apa yang diucapkan Diana dan mencoba menenangkannya.

"Aku paham dengan apa yang dikatakannya, jadi aku coba untuk menenangkannya dan memegang tangannya," kenangnya.

Ia pun mengatakan jika saat kejadian dua orang meninggal di tempat yakni sang supir serta kekasih Diana, Dodi Fayed. Sementara sang putri disebutnya hanya mengalami cedera pada bagian bahu saja dan tampak baik-baik saja.

Dokter yang menanganinya di lokasi kecelakaan yakni Frederic Mailliez pun menyebutkan jika kondisi Putri Diana terlihat sangat baik-baik saja dan tak ada pendarahan sama sekali. Ia pun menemaninya sebelum hendak dibawa ke rumah sakit dengan ambulance.

"Aku menyadarinya jika ia adalah wanita yang sangat cantik dan tak ada luka serius di bagian wajahnya. Ia tak mengalami pendarahan, namun ia nyaris tak sadarkan diri dan mengalami kesulitan bernafas," ungkapnya.

Namun sayangnya nyawa Diana tak berhasil diselamatkan usai dirinya dibawa ke rumah sakit. Ada pergeseran di bagian jantungnya ke bagian kanan dadanya yang membuat bagian jantungnya itu rusak parah dan tak dapat terselamatkan.

Usai meninggalnya Diana, muncul sebuah catatan yang ditulis olehnya pada 1995 yang bertuliskan 'Suamiku merencanakan sebuah kecelakaan pada mobilku, rem blong dan cedera kepala serius'.

Karena tulisan tersebut pihak kepolisian pun memanggil Pangeran Charles untuk diperiksa dua tahun setelah catatan itu membuat heboh publik pada 2003 lalu. Pada pemanggilan tersebut Charles ditanyakan kenapa Diana sampai membuat catatan tersebut.

"Aku tak tahu apapun tentang catatan itu sampai melihatnya dimuat di media," tuturnya pada John Stevens, polisi yang menginterogasinya.

"Apakah kau tak pernah mendiskusikannya dengan mendiang istrimu?" tanya Stevens.

"Aku bahkan tak pernah tahu jika itu ada," jawabnya.

Lewat penyelidikan tersebut diketahui jika catatan itu dibuat olehnya usai dirinya diwawancarai oleh BBC yakni Martin Bashir. Menurutnya ada sebuah kekecewaan yang dirasakannya saat ini yakni mengapa dirinya dan petugas lainnya tak mencoba mewawancarai Bashir atas kasus tersebut.

Kini kasus itu pun telah dihentikan dan catatan milik Putri Diana disimpan di National Archives di Kew, London, dan tak akan ditunjukkan pada publik hingga 2038.



Simak Video "Secuil Kesedihan Putri Diana dalam Trailer 'Spencer'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/doc)