Kini Gaun Pengantin Putri Diana Dipajang di Kensington

Asep Syaifullah - detikHot
Sabtu, 05 Jun 2021 11:59 WIB
Baju pengantin Putri Diana dipamerkan pertamakalinya setelah 25 tahun di Istana Kensington, London, Inggris.
Gaun pengantin Putri Diana yang kini dipajang di Kensington Foto: AP/Matt Dunham
Jakarta -

Kini publik bisa melihat gaun pengantin yang pernah digunakan Putri Diana saat menikah dengan Pangeran Charles pada 1981. Gaun tersebut dipamerkan di Kensington Palace yang dahulu sempat menjadi rumah dari sang bunda Pangeran Harry tersebut.

Gaun putih yang memiliki bagian belakang dengan panjang 8 meter itu dirancang oleh David dan Elizabeth Manuel. Gaun tersebut memiliki aksen sekuin di sisi-sisinya yang dibuat dari taffeta dengan detail ruffle pada bagian lengan dan leher.

Gaun itu dipinjamkan oleh Pangeran Harry dan William dalam rangka acara pameran Royal Style in the Making yang berlangsung hingga Januari 2022 mendatang dan dimulai sejak April lalu setelah dikurasi oleh kurator Kerajaan Inggris.

Selain itu, ada pula sketsa foto dan desain gaun yang sempat digunakan selama tiga generasi di keluarga Kerajaan Inggris yang pernah dikenakan oleh Putri Margaret dan juga ibunda sang Ratu Elizabeth II.

"Musim panas ini kami menyambut kalian dalam #KensingtonPalace dalam gaya keluarga kerajaan," tulisnya dalam video tersebut.

"Pada istana yang baru saja direstorasi itu, kami akan memajang barang-barang yang belum pernah dilihat publik dari penyimpanan untuk merayakan perusahaan mode paling berpengaruh di sejarah Kerajaan Inggris dari abad ke-20 bersama dengan gaun yang dirancang dan digunakan untuk tiga generasi wanita di Kerajaan," tambahnya.

Selain gaun pengantin, ada pula setelan blouse dan rok yang dikenakan Putri Diana saat berangkat bulan madu bersama Pangeran Charles. Busana berwarna pink ini dikreasikan dua desainer dari Bellville Sassoon, Belinda dan David.

Baju pengantin Putri Diana dipamerkan pertamakalinya setelah 25 tahun di Istana Kensington, London, Inggris.Blouse yang dipakai Putri Diana saat berangkat bulan madu bersama Pangeran Charles Foto: AP/Matt Dunham

Sebelumnya sempat ramai soal hasil penyelidikan independen menyimpulkan seorang jurnalis media terkemuka Inggris, BBC, telah 'menipu' mendiang Putri Diana demi mengamankan apa yang menjadi wawancara menghebohkan pada tahun 1995.

Kala itu Putri Diana mengungkapkan adanya orang ketiga dalam pernikahannya dengan Pangeran Charles.

Seperti dilansir DW dan Reuters, Jumat (21/5/2021), jurnalis BBC bernama Martin Bashir disebut menggunakan 'cara menipu' untuk mendapatkan kesempatan wawancara dengan Putri Diana tahun 1995 silam.



Simak Video "Tipu Daya Wawancara BBC terhadap Putri Diana Bikin PM Inggris Prihatin"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)