Cerita Dinda Kirana Usai Operasi 2 Kista Ovarium, Banyak Pendarahan

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Selasa, 22 Jun 2021 14:02 WIB
Dinda Kirana saat ditemui usai tampil di Brownis Trans TV.
Dinda Kirana sudah menjalani operasi 2 kista. Foto: Ismail/detikFoto
Jakarta -

Dinda Kirana belum lama ini menjalani operasi dua kista ovarium. Ia pun memiliki cerita setelahnya. Dinda Kirana mengatakan sungguh keputusan yang tepat untuk menjalankan operasi di usia dini.

Ia mengatakan jika tidak secepatnya ditangani, kista tersebut bakalan meluas dan terus bertambah lebar.

"Iya jadi pas periksa terakhir itu semakin besar jadi harus dioperasi kan, papa aku bilang ke dokternya jangan sampai ovariumnya diangkat ya soalnya belum menikah," jelas Dinda Kirana saat ditemui di kawasan Trans TV, Jakarta Selatan, Selasa (22/6/2021).

Dinda Kirana mengatakan, seharusnya operasi itu berjalan dengan cepat tapi karena letak kistanya di ovarium jadi harus hati-hati dan seksama dalam operasinya.

"Biasanya kan operasinya dua atau tiga jam ya, ini tuh lama banget sampai 12 jam gitu. Aku dibius total dan diangkat kistanya pelan-pelan banget. Dan memang banyak pendarahan waktu itu sih," bebernya lagi.

Menurut Dinda Kirana, salah satu cara meminimalisir kista agar tumbuh lagi adalah cepat menikah.

"Ya salah satu caranya untuk mencegah kista itu tumbuh lagi kan katanya aku harus cepat menikah. Itu bisa menjadi salah satu cara ya, biar aku cepat punya anak soalnya kista itu kayak rumput liar, walaupun sudah diangkat kemungkinan tumbuh bisa saja nah kalau tumbuh lagi kemungkinan dioperasi kedua akan lebih susah," jelasnya.

Soal cerita Dinda Kirana menjalani operasi dua kista ini sebelumnya pernah diungkapkan di Instagram miliknya. Kala itu, Dinda Kirana menceritakannya secara gamblang.

"Awal gejalanya sih aku kayak menstruasi sakit banget, sakitnya yang nggak bisa sampai berdiri, benar-benar nggak bisa jalan. Di tengah-tengah syuting juga sampai harus berhenti dulu," ungkap Dinda Kirana menceritakan gejala awal yang dia rasakan.

"Nah sebenarnya setahun lalu itu aku sempat konsul, aku rada aneh juga dengarnya karena menstruasi aku katanya mau disetop karena darah menstruasi itu bisa bikin kista makin besar. Jadi pas aku menstruasi juga setiap menstruasi cewek itu biasanya semingguan, aku cuma 3 hari, nggak teratur gitu loh," sambungnya.

Setelah menjalani operasi pengangkatan kista ovarium, Dinda Kirana semakin sadar untuk menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang tak dianjurkan dikonsumsi.

"Ya penting banget dari pola makan juga nggak boleh yang disuntik hormon-hormon gitu. Banyak banget sekarang ayam negeri yang gede-gede nggak bagus buat kita, kita yang punya kista, soy milk juga ternyata nggak bagus (buat kista). Aku suka banget buah nanas, dan nanas juga ternyata nggak bagus juga buat yang punya penyakit kista karena bisa kasih makan kistanya jadi lebih ganas mungkin," jelasnya.

"Nggak boleh makan junk food juga," tegas Dinda Kirana.



Simak Video "Celebrity on Vacation: Berkuda Sambil Menikmati Sunset di Pantai Kecinan"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/dar)