Ria Ricis Disebut Eksploitasi Kematian Ayah, Ini Fakta Sebenarnya

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Selasa, 08 Jun 2021 15:26 WIB
Ria Ricis menyambangi makam sang ayah
Fakta tentang Ria Ricis yang dianggap eksploitasi kematian ayah. Foto: Asep/detikhot
Jakarta -

Akhir pekan kemarin ayah dari Ria Ricis dan juga Oki Setiana Dewi meninggal dunia. Saat datang ke makam sang ayah, Ria Ricis sempat membuat konten.

Lantaran hal tersebut, Ria Ricis pun banyak disebut mengeksploitasi meninggalnya sang ayah. Banyak yang menuding, Ria Ricis meraup untung dengan apa yang dilakukannya.

Tapi ternyata ada fakta lain di balik itu semua. Ori Vitrio Abdullah yang merupakan suami dari Oki Setiana Dewi mengungkapkan tentang lain mengenai keuntungan yang didapatkan Ria Ricis dari YouTube Channel miliknya.

Dalam keterangannya, kakak ipar Ria Ricis itu mengatakan jika sebagian keuntungan yang diterima dari setiap konten selalu disumbangkan untuk yang membutuhkan.

"Pada ramai @riaricis1795 buat konten papa nya meninggal.. tenang, adsense sejak bertahun-tahun lalu, masuk ke rekening pesantren penghafal quran," buka Ori Vitrio Abdullah dalam Instagram miliknya.

Tak hanya itu, Ori Vitrio Abdullah juga memperlihatkan bukti transferan mengenai hal tersebut.

[Gambas:Instagram]



"Setiap uang masuk ke management.. , dikeluarkan 10 persen bahkan lebih untuk sedekahnya kepada para ahlul quran. Zakat tentu beda lagi. Belum lagi dari rekening pribadinya. Foto ini hanya sebagian kecil dari sedekahnya yg ketahuan.. sedekah sembunyi2nya lebih banyak," jelasnya lagi.

Ia mengatakan sampai saat ini keluarganya masih dalam suasana berduka. Ori Vitrio Abdullah pun tidak mau banyak orang berpikiran yang tidak-tidak dengan Ria Ricis.

"Masih dalam suasana berduka, mohon doanya untuk kami sekeluarga ya," tutur Ori Vitrio Abdullah.

Sebelumnya memang ada beberapa konten YouTube yang dibuat Ria Ricis atas kematian sang ayah. Setidaknya ada 3 konten video dalam satu hari yang diunggah Ria Ricis ke YouTube. Semua video itu berkaitan dengan meninggalnya sang ayah, berjudul Rumah Baru Papa, Liat Kamar Papa Terakhir Kali, Ulang Tahun Ibu Tanpa Papa.

Salah satu kritik itu disampaikan oleh Mazzini Sadam, pegiat media sosial. Ia menyebut video yang disajikan Ria Ricis adalah konten yang hina.

"Mendulang traffic dan adsense dari kematian ayah kandung adalah sehina-hinanya konten," tulis Mazzini di akun @mazzini_gsp.

Meski melancarkan kritikan, Mazzini juga mengajak pengikutnya untuk mendoakan ayah dari Ria Ricis dan Oky Setiana Dewi tersebut.

"Boleh kita gak sepakat sama anaknya dengan buat konten gitu, tapi jangan lupa kita doakan juga ya Pak Sulyanto ayah Ria Ricis dan Mbak Okky semoga mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan, dilapangkan kuburnya dan diampuni dosanya baik yg disengaja maupun gak disengaja. Amiin," doa dari Mazzini.



Simak Video "Firasat Ria Ricis, Sempat Sakit saat Ayahnya Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/doc)