Nasihat Teh Ninih di Tengah Curhatan Anak soal Sikap Aa Gym

Tim detikcom - detikHot
Senin, 07 Jun 2021 11:54 WIB
Aa Gym dan Keluarga
Teh Ninih dan nasihat-nasihatnya di tengah curhatan sang anak soal sikap Aa Gym Foto: Instagram @ghefayre
Jakarta -

Ninih Muthmainnah atau Teh Ninih memang tak pernah muncul ketika masalah rumah tangganya dengan Aa Gym jadi perbincangan. Namun, Teh Ninih dikenal sebagai sosok yang kerap memberikan nasihat yang meneduhkan.

Di tengah curhatan anaknya, Muhammad Ghaza Al Ghazali, Teh Ninih juga tidak memberikan tanggapan. Melalui akun Instagramnya, Teh Ninih justru mengingatkan dengan membuat nasihat-nasihat yang menyejukkan hati.

Muhammad Ghaza Al Ghazali menuliskan curhatannya tentang sikap Aa Gym kepada Teh Ninih. Sebagai anak, Ghaza merasa sudah waktunya dia berbicara agar ada yang bisa didengar oleh Aa Gym.

Itu berawal ketika Ghaza menyampaikan niatnya ingin mengundang Teh Ninih ke pernikahannya. Namun, Aa Gym melontarkan sebuah kalimat yang membuat Ghaza tak habis pikir.

Hampir satu tahun terlewati, tepatnya satu minggu sebelum hari pernikahan kami. Berat, tanpa kehadirannya. Namun, apa daya, ketika sebuah kalimat tanya terlontar.

"Buat apa dia hadir?". Seolah lidahku kelu untuk menjawabnya. Entah apa kalimat apa yang tepat untuk menjawab pertanyaan demikian.

"Untuk apa seorang ibu hadir di pernikahan putranya?". Menurut anda, apakah jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut? Akankah anda menjawabnya dengan mudah? Atau anda akan terdiam membisu, terperanjat karena ayah anda bertanya demikian kepada anda?

Seandainya, ya, seandainya. Aku bisa menjawab, "Maaf, untuk apa bapak hadir?". Niscaya akan kujawab dengan demikian.

Itulah yang dilontarkan Aa Gym ketika Ghaza berniat mengundang Teh Ninih. Bahkan Ghaza merasa kini sudah saatnya Teh Ninih tak lagi mengalah.

Rasanya cukup bagiku penderitaanmu. Sudah waktunya bagimu untuk tersenyum. Sudah cukup tangisanmu. Cukup, waktunya bahagia. Meskipun tidak bersama-sama.

Ya, betul. Nampaknya kemarin ada sedikit permainan di pengadilan. Begitulah, manusia. Barangkali, waktu 15 tahun belum cukup untuk menyiksamu, mungkin beliau masih perlu waktu untuk merasa puas.

Namun, maaf. Sudah cukup. Sudah cukup sampai sini permainannya.

5 Juni 2020, lusa adalah tepat satu tahun setelah engkau dicerai. Dan, sampai detik ini engkau digantung, dipermainkan.

Maaf, saya tak bisa diam.

Dalam tulisan Ghaza soal perasaannya sebagai anak melihat sikap Aa Gym ke Teh Ninih. Teh Ninih sudah sekali diceraikan oleh Aa Gym dan rujuk. Kemudian di awal tahun 2021, Aa Gym kembali mengajukan permohonan cerai, tapi permohonan tersebut sudah dicabut olehnya di Pengadilan Agama Bandung tanpa alasan yang jelas.

Di tengah curhatan sang anak yang viral, di halaman selanjutnya Teh Ninih memberikan nasihat-nasihat yang menyejukkan.

Teh Ninih di tengah ramainya curhatan sang anak, memberikan nasihat. Salah satunya adalah soal 'Pintu Surga Paling Tengah'. Nasihat itu menyinggung soal keinginan banyak orang berbakti kepada orang tua.

"Bayangkanlah sebuah istana. Kita bisa masuki ke dalamnya lewat banyak pintu: depan, belakang, samping kiri atau kanan. Di antara semua pintu manakah yang paling besar lagi paling terhormat untuk dimasuki?" tulis Teh Ninih.

[Gambas:Instagram]



"Pintu depanlah jawabannya. Tamu agung yang diundang raja akan disambut di gerbang istana, pintu depan yang terletak paling tengah," lanjutnya.

Ingin berbakti kepada orang tua, dituliskan Teh Ninih menjadi keinginan semua orang. Mengutip hadist riwayat Ahmad dan At-Tirmidzi.

"Ini pula yang akan dialami orang-orang yang selama hidupnya berbakti kepada orangtuanya. Allah Ta'ala akan memuliakannya dengan surga yang akan dimasukinya dari pintu paling tengah; pintu paling mulia. Rasulullah saw. bersabda, "Orangtua adalah pintu surga yang paling tengah, terserah kamu sekalian, hendak kalian telantarkan dia atau hendak kalian menjaganya." (HR Ahmad dan At-Tirmidzi)," jelasnya.

Teh Ninih juga memberikan nasihat tentang 'Perusak Kebahagiaan dalam Hidup'. Salah satu perusak kebahagiaan dalam hidup adalah hilangnya rasa syukur.

"Di antara perusak kebahagiaan dalam hidup adalah saat hati kehilangan rasa syukur. Kala kesyukuran hilang, pandangan akan terbutakan dari melihat aneka nikmat dari-Nya. Lisan pun menjadi kelu dari memuji dan berterima kasih kepada-Nya," tulis perempuan yang sudah 19 tahun menjadi istri Aa Gym.

"Padahal, tidaklah berlalu suatu hari, kecuali kita berada dalam limpahan karunia-Nya. Pernahkah kita mengalami situasi yang digambarkan Rasulullah saw. berikut, sedangkan dari lisan kita masih keluar keluh kesah?" tutupnya dengan diakhiri mengutip sebuah hadis.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Pengacara Ungkap Alasan Aa Gym Ceraikan Teh Ninih"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)