Dilelang, Rambut Kurt Cobain Laku Rp 201 Juta

ADVERTISEMENT

Dilelang, Rambut Kurt Cobain Laku Rp 201 Juta

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 21 Mei 2021 08:23 WIB
Pakaian Kurt Cobain Yang Dilelang
Dilelang, Rambut Kurt Cobain Laku Rp 201 Juta (Foto: The Sun)
Jakarta -

Hampir semua memoribilia tentang Kurt Cobain laris manis saat dilelang, mulai dari gitar, foto, kacamata dan yang terakhir rambutnya. Untaian rambut dari pendiri Nirvana tersebut sempat masuk bursa lelang.

Mungkin banyak yang meragukan apakah itu benar-benar rambut Cobain, karenanya mereka juga menunjukkan sertifikat bukti hasil DNA untuk meyakinkan peserta lelang.

Rambut tersebut didapat saat Kurt Cobain dipangkas oleh teman dekatnya, Tessa Osbourne pada 1989. Hal itu ditunjukkan dari bukti foto di mana ia tampak memegang gunting saat berpose bersama Cobain.

Dilansir dari The Blast disebutkan jika untaian rambut itu laku hingga USD 14 ribu atau sebesar Rp 201 juta. Namun sayangnya uang hasil lelang tersebut tak diberikan pada keluarga Kurt Cobain, bahkan sepeser pun.

Rambut tersebut awalnya dimiliki Tessa Osbourne lalu diberikan ke pada rekannya Nicolo DePolo untuk mengenang kematiannya tersebut. Lalu akhirnya rambut itu diberikan pada John Reznikoff yang kini melelangnya.

Sebelumnya sempat pula dilelang gitar jenis 1959 Martin D-18E yang digunakan Kurt Cobain saat dirinya bermain di acara MTV Unplugged tahun 1993. Dilansir dari Variety, gitar tersebut memecahkan rekor sebagai gitar termahal yang pernah dijual.

Alat musik tersebut laku dilelang 6 juta dolar atau Rp 85,4 miliar. Rekor lelang gitar dengan harga tertinggi sebelumnya dipegang oleh gitar milik David Gilmour, Pink Floyd yang terjual USD 3,95 juta tahun lalu.

Dengan gitar 1959 Martin D-18E, Kurt Cobain tampil bersama Nirvana membawakan deretan lagu-lagu Nirvana juga beberapa lagu David Bowie yang ia nyanyikan ulang. Penampilan Kurt Cobain sendiri di MTV Unplugged itu dirilis setelah kematian sang musisi.

Selain barang-barang band Nirvana, pelelangan ini juga menawarkan peninggalan musisi lain termasuk gitar akustik milik Johnny Cash yang dijual USD 57.600. Adapula lirik album Oasis '(What's the Story) Morning Glory?' yang ditulis tangan oleh Noel Gallagher.

(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT