Round Up

Selamat Jalan, Sapri Pantun!

Tim detikHOT - detikHot
Selasa, 11 Mei 2021 03:00 WIB
Bang Sapri Pantun Punya Banyak Bisnis Kuliner, Kebab hingga Soto Mie Bogor
Selamat Jalan, Sapri Pantun! (Foto: Instagram @sapri_pantun)
Jakarta -

Dunia komedi Indonesia tengah berduka. Sapri Pantun meninggal dunia kemarin Minggu (9/5/2021).

Kabar itu diketahui dari manajer sekaligus adik Sapri Pantun, Dolly. Ia mengumumkannya di Instagram.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun Sapri bin Ahli," tulis Dolly seperti dilihat detikcom, Senin (10/5/2021).

Soal meninggalnya Sapri Pantun juga dibenarkan oleh pihak manajemennya, Bunda Neng. Bunda Neng menuturkan bahwa Sapri Pantun meninggal dunia usai maghrib.

"Betul (meninggal dunia). Iya (meninggalnya) tadi sih habis maghrib. Sekarang lagi menuju ke sana Rumah Sakit Sari Asih," ujar Bunda Neng kepada wartawan.

Sebelumnya, Dolly sempat mengungkapkan kondisi terkini Sapri Pantun. Kondisinya disebut semakin memburuk saat terbaring lemah di rumah sakit.

"Kemarin kan saya jaga dari malam sampai pagi tadi ya, jadi keadaannya sebelumnya kalau kita panggil dia hanya melek, ngangguk, sekarang kayaknya nggak menyadarkan diri. Sekarang lebih droplah dari sebelumnya, tapi dokter tetap mengusahakan yang terbaik," ujar Dolly saat ditemui di Rumah Sakit Sari Asih Ciledug, Tangerang, Banten.

Sapri Pantun memang sempat mendapat perawatan di rumah sakit karena kadar gulanya sangat tinggi. Sebelum itu, Sapri juga sempat merasa tubuhnya seperti panas dalam hingga kakinya yang mulai mengecil.

Sapri Pantun mengembuskan napas terakhirnya di usia 49 tahun. Banyak artis kehilangan sosoknya.

Istri Sapri Pantun menangis ceritakan kondisi sang suamiKesedihan Istri Sapri Pantun ditinggal sang suami jelang melahirkan. Foto: Desi/detikHOT

Meninggal Jelang Istri Melahirkan Anak Kedua

Sapri Pantun pergi meninggalkan istrinya, Irma Suryani, dan anaknya untuk selama-lamanya. Ia berpulang beberapa hari menjelang Irma melahirkan anak kedua.

"Saya (hamil sudah) sembilan bulan. Tanggal 18 bulan ini (dijadwalkan melahirkan)," ungkap Irma Suryani menahan tangis dan menengok ke arah anak pertamanya.

Dalam kondisi lemah di ruang ICU, Sapri Pantun masih sempat mempertanyakan kondisi Irma Suryani. Irma Suryani mengatakan, Sapri Pantun menganggap ini adalah cobaan di bulan Ramadhan untuk keluarga mereka.

"Ya, dia juga ngomong gitu. Saya bilang sudah semangat biar cepat sehat lagi gitu kan. Kita sama-sama berdoa cepat semangat," cerita istri Sapri Pantun.

Sapri PantunSapri Pantun hits dengan 'Masak Air'. Foto: dok. Instagram Sapri Pantun

Pantun Masak Air yang Hits dan Cerita Perjuangan Jadi Pelawak Terkenal

Sapri Pantun dikenal orang tak cuma jago bercanda. Ia juga pintar membuat pantun sampai dijuluki demikian.

Salah satu pantun yang hits dan melekat adalah 'masak air'. Sebelum dikenal di Pesbukers, Sapri berjuang dari bawah.

Denny Cagur menyebut, perjuangan Sapri begitu besar untuk kariernya semasa hidup. Ia benar-benar mulai dari bawah untuk bisa dikenal seperti sekarang ini.

"Wah Sapri mah benar-benar, dulu awal-awal beliau pernah bergabung di poskonya Cagur. Waktu itu awalnya setelah Bang Sapri menang lomba lenong mulai masuk ke basecamp (Cagur), walaupun cuma bantu bersih-bersih," beber Denny Cagur saat ditemui di Rumah Sakit Sari Asih Ciledug, Tangerang, Banten, Senin (10/5/2021).

Seiring berjalannya waktu, Sapri Pantun akhirnya diajak oleh grup lawak Cagur sebagai figuran untuk melenong. Karena bagus, Sapri pun sering diajak hingga dilirik oleh stasiun televisi swasta. Kariernya pun moncer ketika main di program Pesbukers.

"Sampai akhirnya Cagur ada acara kita libatin jadi pedagang koran. Terus sampai akhirnya jadi pengisi acara tetap. Tahu banget dari awalnya gitu," lanjut Denny Cagur.

"Bahkan pertemanan kita sudah berapa puluh tahun. Makanya tadi adiknya cerita banyak, Bang Sapri ternyata sering cerita tentang saya, tentang dulu kerja bareng, banyak ceritalah tentang kita. Waktu kemarin mulai sakit juga sering update kondisi Bang Sapri terbaru," kata Denny Cagur.

(mau/aay)