Kendall Jenner Bertahun-tahun Idap Gangguan Kecemasan

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Minggu, 09 Mei 2021 14:53 WIB
Kendall Jenner
Kendall Jenner akui idap gangguan kecemasan selama bertahun-tahun Foto: Instagram/@kendalljenner, @burberry
Jakarta -

Kendall Jenner belum lama ini buka-bukaan soal gangguan mental yang dialaminya. Bahkan saking parahnya, ia harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Diwawancara untuk seri digital Vogue, Open-Minded: Unpacking Anxiety, Kendall Jenner mengaku mengidap gangguan kecemasan dan hypochondria. Ia mengaku sudah mengidap gangguan mental tersebut selama bertahun-tahun.

"Kurasa terlalu bekerja keras dan berada dalam situasiku saat ini membuatnya tak terkendali. Aku pernah mengalami saat-saat di mana aku harus dilakukan ke rumah sakit karena aku merasa jantungku sangat berdebar dan aku tidak bisa bernapas," ungkap Kendall Jenner.

"Aku membutuhkan seseorang untuk membantuku. Kadang-kadang aku mengira sedang sekarat," lanjutnya.

Model dan bintang reality show Keeping Up with the Kardashian itu juga bicara tentang orang-orang yang mungkin tidak mempercayai ucapannya karena latar belakangnya yang berkecukupan. Namun, Kendall Jenner menegaskan gangguan mental bisa dialami siapapun.

"Pasti ada orang-orang yang berkomentar, 'Oh apa yang harus dia khawatirkan? Kenapa dia cemas?' Dan aku tidak duduk di sini membantah aku beruntung. Aku tahu gaya hidupku istimewa dan luar biasa. Aku adalah seseorang yang diberkati," jelas Kendall Jenner.

"Namun aku masih punya otak, dan apa yang ada di dalamnya tidak selalu, entahlah, tidak selalu bahagia dan terhubung. Aku masih seorang manusia. Tak peduli apa yang dimiliki atau tidak dimiliki seseorang, bukan berarti mereka tak punya perasaan dan emosi," tambahnya.

Kendall Jenner menyebut gangguan kecemasan yang dialaminya semakin parah saat pandemi COVID-19 menyerang dunia. Ia mengaku khawatir tertular virus tersebut.

"Namun, sekarang aku lebih oke, kami menjalani isolasi mandiri dengan ketat sampai di tahap aku sudah terbiasa. Namun, ketika keadaan sedikit lebih terbuka, saat aku pergi makan malam atau bertemu temanku, hal itu membuatku cemas," pungkas Kendall Jenner.



Simak Video "Kim Kardashian Respons Pernyataan Kendall soal 'Orang Tua Terbaik'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/pus)