Mark Sungkar Resmi Jadi Tahanan Kota, Shireen dan Zaskia Sungkar Jadi Penjamin

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 05 Mei 2021 20:42 WIB
Jakarta -

Artis senior Mark Sungkar resmi dikeluarkan dari Rutan Kejaksaan Agung sejak hari ini, Rabu (5/5/2021). Mark Sungkar dinyatakan menjadi tahanan kota dan diperbolehkan untuk pulang ke rumah.

Mark Sungkar yang akan berusia 73 tahun ini tampak sangat senang dengan statusnya saat ini menjadi tahanan kota. Ia keluar pukul 17.00 WIB sambil mengucap rasa syukurnya saat dijumpai awak media.

Leonard Eben Ezer Simanjuntak selaku Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, menjelaskan pertimbangan apa saja yang membuat Mark Sungkar menjadi tahanan kota. Salah satunya menjadikan kedua anak Mark, Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar sebagai penjamin.

"Pertimbangan dari Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, adalah berdasarkan adanya permohonan dari tim penasihat hukum terdakwa Mark Sungkar. Kemudian adanya jaminan dari kedua anak terdakwa," ujar Leonard.

Selanjutnya, Mark Sungkar juga dipastikan tak akan melarikan diri, merusak barang bukti dan mengulangi perbuatannya lagi.

Mark Sungkar juga diminta agar selalu kooperatif dalam menghadiri sidang-sidang selanjutnya. Hal ini merupakan isi dari beberapa permohonan pihak kuasa hukum dan anak-anak Mark Sungkar.

"Selanjutnya terdakwa tidak akan melarikan diri, tidak merusak barang bukti dan tidak akan mengulangi perbuatan, serta akan selalu kooperatif, dan bersedia hadir dalam setiap persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan akan hadir dalam instansi terkait apabila diperlukan," lanjut Leonard.

"Itu permohonan dam jaminan dari penasihat hukum maupun kedua anak terdakwa," jelasnya lagi.

Ditegaskan Mark, kedua anak yang menjadi penjamin atas statusnya sebagai tahanan kota adalah Shireen dan Zaskia Sungkar.

"Ya anak saya cuma dua yang perempuan, Shireen dan Zaskia," ujar Mark yang berada di samping Leonard.

Saat keluar dari Rutan Kejaksaan Agung, Mark Sungkar tampak hanya ditemani istrinya saja. Mark mengaku memang sengaja meminta Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar tak hadir menjemputnya.

Meski begitu Mark Sungkar tak menjelaskan alasan melarang kedua putrinya hadir.

"Memang saya larang (Shireen dan Zaskia hadir). Jadi istri yang menjemput," tutup Mark.

(pig/aay)