Keuangan Berantakan karena Pandemi, Ustaz Solmed Jualan Face Shield

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 04 Mei 2021 10:42 WIB
Jakarta -

Pandemi COVID-19 memaksa Ustaz Solmed berpikir keras untuk memenuhi kehidupannya. Ia tidak punya pemasukan hingga uang di tabungannya habis.

Setelah uang di tabungannya tidak lagi bisa diandalkan, Ustaz Solmed mengaku menjual mobilnya.

"Dari bulan Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, mobil saya jual. Tagihan, orang datang ke rumah. Saya pergi hanya mencari untuk makan," kata Ustaz Solmed saat hadir dia acara bertema Islami di salah satu stasiun TV, seperti yang dikutip dari InsertLive.

Setelah itu, Ustaz Solmed terpikir untuk mencari pemasukan lain. Ia akhirnya memilih berdagang kecil-kecilan dari modal seadanya.

"Saya jual face shield, saya jual sarung, saya bawa dagangan pakaian bekas saya. Tidak ada yang tahu mungkin satu Indonesia. Dan saya selalu melarang istri saya, jangan pernah cerita apa pun soal perkara hidup kita," katanya.

Masih dari ceritanya, Ustaz Solmed mengaku kebingungan saat ibundanya mengeluhkan sakit. Ia tidak punya uang untuk mengantarkan sang ibu ke dokter.

Beruntung sang istri, April Jasmine, masih memiliki simpanan dana, meskipun tidak banyak. Akhirnya ia meminjam uang ke sang istri untuk mengobati ibundanya.

"Saya sampai harus meminjam uang kepada April hanya perkara Rp200 ribu saya pinjam duit di masa pandemi ini. Saya pinjam uang Rp500 ribu hanya untuk biaya berobat ibu saya, yang saya tidak punya lagi tabungan saat pandemi ini," kisahnya.

Awalnya ada gengsi Ustaz Solmed saat ingin meminjam uang April Jasmine. Namun akhirnya ia terpaksa melakukan hal itu karena sudah terdesak.

"Andai saat itu April ketika saya minta mengatakan 'Saya nggak punya uang', saya tidak punya kuasa apa-apa untuk memaksanya. Tapi dia mengeluarkan semua tabungannya untuk men-support saya. Agar saya bisa bertahan di tengah kebingungan, kebimbangan, kegalauan," kenang Ustaz Solmed.

Kini, kondisi keuangan keluarganya berangsur membaik. Saat ada di titik terendah, beberapa waktu lalu, Ustaz Solmed memilih untuk tidak bercerita ke siapapun demi menghindari dikasihani dan hadirnya komentar buruk dari netizen.

(dar/pus)