Teori Dul Jaelani soal Ubah Pernikahan Jadi Pacaran Halal

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 29 Apr 2021 04:07 WIB
Tissa Biani dan Dul Jaelani
Tissa Biani dan Dul Jaelani Foto: Instagram
Jakarta -

Bagi Dul Jaelani, menikah semestinya tak dipusingkan dengan urusan punya uang berapa dan ingin pesta sebesar apa. Menikah bagi Dul semestinya bisa dibuat dengan konsep yang lebih sederhana.

"Di Indonesia ini nikah itu budayanya harus bikin resepsi gede, berfinansial. Mindset itu yang mungkin harus diubah," ungkapnya dalam perbincangan dengan detikcom belum lama ini.

Bungsu Ahmad Dhani dan Maia Estianty yang sempat mengutarakan keinginannya untuk nikah muda itu mengatakan, menikah tak mesti menggelar pesta besar untuk resepsi. Dul mengatakan, kesepakatan bersama untuk sama-sama menjalani rumah tangga dinilainya dapat menjadi pegangan untuk meresmikan sebuah hubungan menuju halal.

"Gini deh kalau nikah itu kan berat dan kita ganti yuk kita pacaran halal, ya udah. Ya misalkan kita belum sanggup ke KUA kita nikah secara syariat dulu, dan kehidupan masih biasa aja. Tidak ada yang berubah," tuturnya.

Hal itu pun ia terapkan dalam menjalin hubungan. Dul Jaelani setuju dengan konsep menikah harus diputuskan secara matang. Namun di sisi lain, semestinya menikah tak menyulitkan kedua belah pihak laki-laki maupun perempuan.

"Ya paling kita harus bahasa relijiusnya, mengislamkan diri, mempersiapkan diri kalau nih aku udah jadi bapak rumah tangga. Ya tapi harus dipikirkan mateng-mateng, jangan kalau ketemu cewek langsung eh nikah yuk," urainya.

"Ya aku suka kesel kalau nikah harus mapan dulu, harus pakai resepsi besar padahal barang siapa yang mempersulit pernikahan maka ia mempermudahkan perzinaan," imbuhnya.

Ditanya soal rencana pernikahannya dengan Tissa Biani, Dul Jaelani mengatakan dirinya sudah ada rencana. Namun hal itu ditegaskannya tak akan terjadi dalam waktu dekat.

"Kayak sekarang aku sama Tissa lagi sama-sama mengislamkan diri sampai waktunya tiba yuk pacaran halal. Aku sama Tissa belum siap," tuturnya.



Simak Video "Rencana Dul Jaelani dan Tissa Biani di Momen Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)