Prihatin, Sunan Kalijaga Harap Konflik Hotma Vs Hotman-Desiree Berakhir Damai

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Rabu, 21 Apr 2021 13:38 WIB
Sunan Kalijaga dari Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI).
Prihatin, Sunan Kalijaga Harap Konflik Hotma Vs Hotman-Desiree Berakhir Damai. (Foto: (Amelia-detikcom))
Jakarta -

Konflik Hotman Paris Hutapea dan Hotma Sitompul belum kelar. Padahal mediasi tengah diupayakan oleh Peradi lewat ketua umumnya, Otto Hasibuan.

Pengacara Sunan Kalijaga berharap konflik antara kedua pengacara kondang itu harus berakhir. Yakni dengan jalur damai.

"Yang pasti untuk Bang Hotma Sitompul, untuk Bang Hotman Paris ya coba lebih mengedepankan kekeluargaan, persahabatan," kata Sunan Kalijaga ditemui di rumahnya di kawasan Jakarta Selatan.

Sunan juga berpendapat konflik itu bisa selesai dengan cara kekeluargaan. Pasalnya sangat disayangkan, jika konflik ini berlarut.

"Dan saya meyakini sebenarnya bisa dibicarakan baik-baik kok, mungkin saja antara Bang Hotma dengan Bu Desiree bisa difasilitasi dengan Bang Hotman, nggak perlu ribut-ribut artinya sangat disayangkan," kata Sunan Kalijaga lagi.

Sunan juga melihat akar masalah ini adalah ranah keluarga dari Hotma dan Desiree.

"Karena memang betul ini ranahnya ranah keluarga. Ya apalagi kasus yang buat saya, ranahnya privasi, ranah rumah tangga, personal rumah tangga," kata Sunan Kalijaga.

Dalam kesempatan itu, ayah Salmafina itu juga turut prihatin dengan konflik dua pengacara yang diakuinya menjadi panutannya. Tak hanya itu, dirasa Sunan banyak yang mengidolakan dua pengacara kondang itu.

"Yang pasti saya prihatin ya melihat abang-abang saya, senior saya dalam profesi yang sama dalam advokat atau pengacara itu berseteru itu di media. Artinya masyarakat banyak yang mengidolakan Bang Hotman, Bang Hotma, saya pribadi pun mencontoh mereka sebagai sosok pengacara," tambahnya.

Sementara itu, Sunan juga mendukung langkah Otto Hasibuan untuk menjadi mediator konflik ini.

"Harus memang ditengahi orang yang mungkin saja bijak, atau lebih bisa bersikap netral, tidak ada kepentingan apa pun. Ya saya juga mendukung Bang Otto supaya bisa menjembatanilah kesalahpahaman atau apa pun itu," kata Sunan.

Di akhir, Sunan Kalijaga ingin Hotma dan Desiree berdamai. Termasuk pula, Hotma dan Hotman yang diharapkan dapat menjadi teman.

"Saya mendukung agar perseteruan ini tidak berlanjut. Bang Hotma dan Bu Desiree bisa kembali dengan baik dan supaya Bang Hotman Paris dan Bang Hotma bisa kembali berkawan seperti dulu kala," pungkasnya.

(fbr/mau)