Deddy Corbuzier Ungkap Bedanya Main dengan Mengoperasikan HP

Inkana Putri - detikHot
Rabu, 21 Apr 2021 11:02 WIB
Jakarta -

Kebanyakan orang tua sering kali ngomel atau marah jika melihat anaknya bermain handphone (HP). Padahal, tidak semua aktivitas yang dilakukan di handphone adalah bermain.

Persoalan ini pun juga jadi perbincangan Deddy Corbuzier bersama Raditya Dika. Menurut Radit, tidak semua orang menggunakan handphone untuk bermain. Oleh karena itu, kata main handphone kurang pas untuk digunakan.

"Kenapa orang nyebutnya main HP padahal nggak lagi dimainin?," tanya Radit dalam acara Tanyaku Terjawab Sudah Eps. 33 di YouTube CXO Media.

Radit menjelaskan kata main sebenarnya hanya mengacu pada hal-hal yang menyenangkan saja. Padahal, nggak selamanya orang menggunakan handphone untuk hal menyenangkan, tapi juga untuk bekerja dan aktivitas lainnya.

"Menurut KBBI, main adalah melakukan permainan untuk menyenangkan hati dengan menggunakan alat-alat tertentu atau tidak," katanya.

Senada dengan Radit, Deddy pun mengaku kata main sebenarnya kurang pas untuk digunakan. Bahkan, kata main handphone cenderung negatif untuk sebagian orang, khususnya orang tua. Pasalnya, kebanyakan orang tua mengira anak hanya bersenang-senang saat menggunakan handphone.

"Karena kebanyakan handphone digunakan untuk yang negatif makanya orang tua selalu mengatakan jangan mainan handphone terus. Karena anak-anak biasanya kalau main handphone itu main game atau Anda pakai bermain untuk iseng-iseng atau ngatain orang di Twitter, atau bikin akun bodong. Itu orang tua ngeliatnya Anda cuma main handphone," cetusnya.

Deddy pun menyarankan agar sebaiknya handphone digunakan untuk hal-hal yang lebih positif. Sehingga orang tua tidak mengira handphone hanya digunakan untuk main-main saja.

"Oleh karena itu, ketika main handphone hadapkan layarnya ke orang tua. Itu supaya orang tua berpikir oh anak saya tidak bermain handphone, tapi anak saya mengoperasikan handphone," ungkapnya.

Sementara itu, Radit punya tips agar handphone bukan cuma digunakan untuk main game atau media sosial saja. Salah satunya dengan memanfaatkan handphone untuk bayar tagihan, kirim hadiah hingga transfer ke luar negeri.

"Kalau mau solusi yang lebih masuk akal, bisa juga pakai handphone untuk kegiatan yang lebih bermanfaat juga. Contohnya saat buka HP kita bisa ngelakuin apa saja yang kita seneng dan semua semakin mudah dengan BNI Mobile Banking," katanya.

"Bisa beli token listrik, top up e-wallet, bayar tagihan, kirim kado sama kartu ucapan dan transfer ke dalam atau luar negeri, bahkan sama donasi. Kirim kado juga bisa lewat fitur Dikado, bisa kirim kado digital dan kartu ucapan digital. Bisa pilih design sama kartu ucapan juga. Jadi, pakailah buat yang bermanfaat," pungkas Radit.

(ega/ega)