ADVERTISEMENT

Ramon Y Tungka Ambil Manfaat di Balik Peduli Lingkungan

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Senin, 19 Apr 2021 19:45 WIB
Ramon Y Tungka
Ramon Y Tungka peduli lingkungan. Foto: dokumen pribadi Djarum
Jakarta -

Ramon Y Tungka kali ini ikut dilibatkan dalam acara yang berbau kepedulian terhadap lingkungan. Ramon Y Tungka memang salah satu selebriti Indonesia yang sangat siap sadar lingkungan.

Bapak satu anak itu kali ini dilibatkan dalam acara Candi Darling From Home atau yang disingkat CDFH. Acara ini adalah untuk meningkatkan kepedulian kini terhadap alam sekitar.

Nantinya, Ramon Y Tungka bakal mengajak masyarakat untuk menanam pohon di tiga candi yang ada di kawasan DI Yogyakarta. Ketiga candi tersebut di antaranya adalah Sambisari, Banyunibo dan Barong. Tentunya kegiatan ini dilakukan secara virtual mengingat Pandemi Corona masih ada.

"Senang ya maksudnya kembali lagi dibukakan kesempatan-kesempatan untuk berkontribusi lagi. Karena kan kita sumbangsih sekecil apa pun tetaplah kontribusi. Jadi ketika terlibat jalan-jalan ke Jogja ya sangat senang," buka Ramon Y Tungka kepada wartawan.

Bisa mempelajari candi yang ada di Indonesia menjadi satu kesempatan yang bagus bagi Ramon Y Tungka. Ia pun mengambil manfaat dari itu semua. Ada dua candi yang berhasil memikat hatinya.

"Sebenarnya Sambi Sari dan Banyunibo memberi kesan yang asyik ya bagi gue. Di dua candi itu saya mendapat perspektif baru. Dalam artian dua candi ini sifatnya berbeda, yang satu candi Hindu yang satu Buddha. Tapi menariknya jaraknya tidak jauh. Berarti kan zaman dulu Indonesia sudah menerapkan kerukunan umat beragama," sambungnya lagi.

Ramon Y Tungka juga sangat mengapresiasi kegiatan Candi Darling From Home ini. Banyak dampak positif yang didapatkannya.

"Menarik ya, artinya kita mengajak generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan. Siapapun sebenarnya memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan. Namun banyak generasi muda kurang memahami untuk peduli lingkungan. Tapi melalui Candi Darling From Home ini kita mengajak generasi muda untuk memahami sejarah bangsa ini. Saya memang sering melewati daerah Sleman dan sekitarnya tapi ketika mengunjungi candi secara langsung kita jadi mengenal lebih dalam," terang Ramon Y Tungka lagi.

Tania Anggriani Arbi selaku Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation mengatakan, jika sebenarnya anak milenial saat ini sudah sangat sadar harus menjaga lingkungannya.

"Anak milenial sudah peduli akan lingkungan tapi bingung wadahnya di mana, jadi Bakti Lingkungan Djarum Foundation menyediakan wadah bagi para anak-anak untuk menyalurkan kepedulian akan lingkungan melalui Siap Darling," jelas Tania.

Tania juga menjelaskan cara ikut Candi Darling From Home ini.

"Dengan menanam bibit, membawa tumbler minuman sendiri atau sekecil apa pun usaha yang dilakukan oleh Darling Squad yang di share di media sosial akan kami konversikan menjadi 1 tanaman yang akan digunakan untuk menghijaukan candi-candi lainnya. Target kami 10.000 bibit," ungkap Tania lagi.



Simak Video "Ramon Y. Tungka Pilih Salurkan Bantuan Dibanding Padamkan Api di Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT