Terkuak! Ini Penyebab Ustaz Zacky Mirza Pingsan dan Sesak Napas saat Ceramah

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 19 Apr 2021 16:19 WIB
Jakarta -

Ustaz Zacky Mirza saat ini sudah menjalani perawatan di rumah sakit setelah pingsan dan jatuh ketika sedang dakwah. Sang istri, Shinta Tanjung mengungkapkan penyakit sang ustaz.

"Ternyata ada pneumonia," kata Shinta Tanjung saat dihubungi detikcom, Senin (19/4/2021).

Saat ini ustaz Zacky Mirza masih diminta untuk istirahat total. Dalam penanganan di rumah sakit, ustaz Zacky Mirza juga sudah dilakukan rontgen dan swab untuk mengetahui keberadaan virus COVID-19.

"Alhamdulillah dikasih obat yang di bawah lidah sadar, sama batuk alhamdulillah sekarang sudah sadar. Rontgen, akhirnya ketahuan sesak napasnya bukan dari jantung tapi pneumonia itu," jelas Shinta Tanjung.

Dalam kondisi pandemi COVID-19, Shinta Tanjung juga cukup khawatir. Akan tetapi, Shinta menceritakan ustaz Zacky Mirza sudah pernah terpapar COVID-19 pada bulan November 2020.

"(Khawatir) Banget. Sempat di-swab juga, Abi sudah kena COVID November tahun kemarin. Kita kena berdua. Sekarang insyaallah imunnya insyaallah kuat," doa Shinta Tanjung.

"Mungkin kelelahan nggak jaga pola makan, akhirnya tepar. Memang ini hikmah semuanya. Hikmahnya mungkin Abi harus banyak dengar pesan orang tua, istri, kesehatan yang utama. Anak-anak, umat, harus jaga kesehatan. Mudah-mudahan selepas ini bisa lebih jaga kesehatan nggak diforsir. Jadi hari ini sampai besok (acara) kita cancel," sambungnya.

Shinta Tanjung juga masih menunggu hasil swab Zacky Mirza. Dia berharap sang suami negatif COVID-19.

Untuk sementara dokter memberikan hasil rontgen sang ustaz yang menunjukkan pneumonia.

"Swabnya sendiri (belum keluar). Sebelumnya pas lagi trip hasil negatif. Ini lagi nunggu mudah-mudahan negatif. Kan beda hasil rontgen thorax kalau kata dokter beda pneumonia sama kena COVID beda. Dokter lebih mengarahkan ini ke pneumonia," ungkapnya.

"Pasti ada pengobatan lebih lanjut. Biar cepat pemulihan sesak napasnya," tukas Shinta Tanjung, istri Zacky Mirza.

(Dep/wes)