Round Up

Aksi Lucinta Luna yang Dinilai Tak Cinta Lumba-lumba

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 16 Apr 2021 22:04 WIB
Dokter Reza Gladys melakukan perawatan kecantikan kepada artis Lucinta Luna di klinik Glafidsya Medika, Lebak Bulus, Senin (15/3/2021).
Ada saja yang dilakukan Lucinta Luna dan bikin kontroversi. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Lucinta Luna, seolah tidak berhenti kontroversi meliputi sosok yang satu ini. Di bulan Ramadhan ketika orang-orang seharusnya menahan emosi dan amarah justru dibuat kesal olehnya. Lantaran aksinya menaiki lumba-lumba di sebuah lokasi di Pulau Dewata.

Video Lucinta Luna sedang berenang dan bertumpu pada tubuh lumba-lumba, kemudian seperti ditarik di air oleh hewan tersebut menjadi viral di internet. Tidak hanya segelintir netizen yang komentar, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, pun menyebutnya dungu.

"Banyak orang mengira uang & ketenaran dapat membeli dan mengizinkan untuk melakukan apa saja .. termasuk kedunguan dan menjadi bodoh," tulis Susi Pudjiastuti di media sosial.

Tidak semua orang merasa apa yang dilakukan oleh Lucinta Luna itu lucu. Atau tidak semua orang berpikir sama seperti Lucinta Luna bahwa yang dilakukannya itu hanyalah untuk kesenangan semata. Kritikan mengalir terus-menerus.

Akhirnya Lucinta Luna buka suara. Diawali dengan permintaan maaf atas apa yang sudah dilakukannya dalam video tersebut. Meski menurut pengakuannya, apa yang ditampilkan dalam video bukanlah tujuan utama dari kunjungannya ke sana.

Lucinta Luna datang ke tempat wisata yang memperlihatkan lumba-lumba karena mendapat undangan. Niat mau membantu pariwisata Bali, Lucinta Luna tak menyangka dirinya malah menuai kecaman dari banyak pihak karena agenda berenang dan menunggangi lumba-lumba sebenarnya tidak ada di rencana.

"Kalau itu kami sadari memang kami yang salah mau ikutan kami mohon maaf kepada semua," ucap Lucinta Luna.

"Awalnya kita nggak tahu. Kirain cuma komunikasi langsung dengan lumba-lumba, kasih makan, dan bermain seperti biasa. Ternyata ada adegan kami dibawa oleh lumba-lumba. Kepada Ibu Susi Pudjiastuti, aktivis, pecinta hewan, serta semuanya, kami janji nggak akan mengulangi lagi. Sebenarnya kami semua penyayang binatang. Tapi, dalam hal ini kami teledor dan jujur baru menyadari sekarang," lanjutnya.

Diakui Lucinta Luna, dia ingin membantu mempromosikan pariwisata Bali yang memang sedang terpuruk karena COVID-19. Namun memang kesalahannya, seperti apa yang diutarakan oleh Davina Veronica, Lucinta Luna kurang teredukasi soal tindakannya pada lumba-lumba itu.

Usai mengucapkan permintaan maaf, Lucinta Luna menjelaskan bahwa kunjungannya ke Dolphin Lodge Bali juga buat belajar tentang lumba-lumba. Tapi, rupanya sang pengajar tidak memberitahukan bahwa lumba-lumba bukan buat ditunggangi, ya?

"Jadi di sana kita banyak belajar tentang lumba-lumba. Bagaimana menentukan kelaminnya. Kita kasih makan dan diberi info semua tentang lumba-lumba, hiu, dan pari. Lokasinya di lautan, di Sanur. Kalau ini tadi di tempat sirkus kami pun pasti menolak. Jadi lumba-lumba di sana itu lumba-lumba yang didapat seperti lumba-lumba yang tersesat, terpisah dari grupnya, terdampar atau yang terluka. Lalu di-rescue dan diletak di sini. Mereka info semua berizin kok," ungkapnya.

(aay/mau)