Arumi Bachsin Bicara tentang Pencegahan Stunting

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Jumat, 16 Apr 2021 12:34 WIB
Arumi Bachsin beri semangat pelajar SD yang ujian
Arumi Bachsin. Foto: tangkapan layar
Jakarta -

Artis yang juga istri dari Emil Dardak, Arumi Bachsin kini banyak membahas soal pencegahan stunting. Ia mengatakan jika salah satu edukasi gizi sebaiknya dilakukan sejak dini.

Arumi Bachsin juga menjelaskan seharusnya penyampaian soal gizi itu harus disampaikan secara gamblang dan juga terbuka. Tidak ada yang perlu ditutup-tutupi mengenai hal ini.

"Intervensi stunting memang harus saat dalam kandungan, namun itu saja sudah telat. Momen yang paling tepat adalah ketika remaja, sehingga mereka siap untuk menjadi seorang ibu nantinya," jelas Arumi Bachsin kepada wartawan belum lama ini.

Arumi Bachsin mengatakan saat ini penyumbang terbesar stunting adalah tingginya pernikahan dini. Ia pun menekankan jika memang sangat penting edukasi tentang gizi.

"Harus sangat gamblang disampaikannya mengenai gizi ini," ungkapnya lagi.

Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak. Baik pertumbuhan tubuh maupun otak, akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Di Indonesia kasus stunting menjadi tantangan yang sangat besar.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk menekan angka stunting di Indonesia ini? Dikatakan Arumi Bachsin banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah pemberian makanan yang bergizi untuk anak, terutama sarapan.

Tak hanya dikatakan oleh Arumi Bachsin saja, menurut Dr. Feni Nugraha, MARS, MGz, SpGk mengatakan jika pemberian mie instan seharusnya dihindari.

"Bahan utama pembuatan mie instan adalah tepung, yang termasuk ke dalam jenis karbohidrat sederhana jadi susah dicerna dan itu bisa merusak usus. Itu sebabnya mie instan nggak bisa dikonsumsi berlebihan." jelas Feni.

Feni menerangkan jika sebaiknya orang tua bijaksana dan kreatif dalam memberikan asupan gizi kepada buah hati. Hal ini pun sejalan dengan apa yang dilakukan Arumi kepada kedua anaknya.

bubur ayam ala restoranbubur Foto: Getty Images/iStockphoto/ahirao_photo

"Banyak pilihan makanan instan lain yang lebih sehat salah satunya adalah bubur instan. Bubur instan dapat dikombinasikan dengan bahan makanan yang lain," jelas Feni lagi.



Simak Video "Romantisnya Arumi Bachsin Beri Kejutan Ultah untuk Emil Dardak"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/doc)