Menyentuh! Harry Tulis Penghormatan Terakhir Buat Pangeran Philip

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 13 Apr 2021 10:20 WIB
Jakarta -

Usai tiba di Inggris buat menghadiri prosesi pemakaman, Pangeran Harry menuliskan perasaannya tentang Pangeran Philip yang belum lama meninggal dunia. Pangeran Philip meninggal di usia 99 tahun pekan lalu.

Lewat situs resminya, Archewell, Pangeran Harry membuat sebuah tulisan cukup panjang. Ia mengenang hidup Pangeran Philip sebagai sosok yang setia dan penuh selera humor.

"Kakekku adalah seseorang yang melayani, penuh hormat, dan sangat jenaka. Dia adalah dirinya yang otentik dengan kecerdasan yang tajam dan bisa menarik perhatian di dalam ruangan mana pun lewat pesonanya, dan juga karena kita tidak pernah tahu apa yang akan dia katakan selanjutnya," kata Harry sebagai pembuka tulisannya.

"Dia akan dikenang sebagai pasangan Ratu terlama yang memerintah monarki, seorang prajurit yang dihormati, seorang pangeran dan seorang adipati. Tapi buatku, seperti banyak dari Anda yang juga pernah kehilangan orang yang dicintai atau kehilangan kakek-nenek karena sakit setahun terakhir, Philip adalah seorang kakek: sang master barbekyu, tukang kelakar yang melegenda, dan sosok yang nakal hingga akhir hidupnya," lanjut Harry.

Di akhir tulisannya, suami Meghan Markle itu menuliskan ucapan terima kasihnya buat Pangeran Philip. Atas dedikasi yang diberikannya pada negara termasuk pada sang nenek, Ratu Elizabeth II, yang dinikahinya selama 73 tahun.

Harry menyebut kesetiaannya pada Sang Ratu tidak ada duanya selama 73 tahun pernikahan. Harry juga menggarisbawahi bagaimana Pangeran Philip selalu berusaha jadi dirinya sendiri.

"Kakek, terima kasih atas pelayananmu, dedikasimu pada Nenek, dan untuk selalu jadi diri sendiri. Kau akan dirindukan, tapi akan selalu diingat, oleh negara. Meghan, Archie, dan aku (juga cucumu yang belum lahir) akan punya tempat spesial di hati kami buatmu," tutupnya.

Pangeran Harry menghadiri pemakaman Pangeran Philip tanpa kehadiran Meghan Markle. Menurut keterangan Istana Buckingham, Meghan Markle berhalangan datang karena alasan medis.

Sementara itu dilansir dari AFP, pemakaman Pangeran Philip akan berlangsung di Kapel St George, Kastil Windsor. Upacara di kawasan barat London tersebut akan disiarkan di televisi dan tidak melibatkan publik karena adanya pembatasan akibat pandemi. Upacara akan didahului dengan keheningan satu menit secara nasional.

Sesuai permintaan mendiang Duke of Edinburgh, nantinya tidak akan ada seremoni kenegaraan untuk pemakamannya. Jenazah Pangeran Philip juga tidak akan disemayamkan secara nasional agar bisa dilayat secara langsung oleh warga Inggris sebelum dimakamkan.

(aay/doc)