Round Up

Serangan Baru Hotma Sitompul Lawan Hotman Paris

Tim detikHOT - detikHot
Selasa, 13 Apr 2021 03:00 WIB
Hotma Sitompul jawab tuduhan istri, Desiree Tarigan
Serangan Baru Hotma Sitompoel Lawan Hotman Paris. (Foto: Hanif/detikhot)
Jakarta -

Perseteruan dua pengacara kondang, Hotma Sitompul dan Hotman Paris, makin panas. Hotma melaporkan Hotman ke Peradi (Perhimpunan Advokat Indonesia).

Tim kuasa hukum Hotma Sitompul, Muara Karta dan Partahi Sihombing, melaporkan Hotman Paris Hutapea ke Dewan Kehormatan Peradi. Menurut Partahi, Hotman Paris diduga telah melanggar kode etik profesi advokat.

"Hari ini kami datang ke kantor Peradi pusat untuk memasukkan pengaduan ke komisi pengawas advokat," ujar Partahi Sihombing ditemui di kantor Peradi, kawasan Slipi, Jakarta Barat.

Sebab Hotman Paris diduga telah membeberkan permasalahan rumah tangga kliennya, Hotma Sitompul, dan istrinya, Desiree Tarigan, ke khalayak ramai. Sehingga pihak Hotma Sitompul begitu keberatan.

"Apa yang kami adukan adalah pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh saudara Hotman Paris terhadap klien kami, Hotma Sitompul," kata Partahi.

Sementara itu, disinggung soal alasannya mengenai melaporkan Hotman Paris, Partahi tak mau membeberkan secara detail kode etik yang diduga telah dilanggar oleh Hotman. Ia menyerahkan semua ke Dewan Kehormatan Peradi.

"Kalau mengenai isinya, kami nggak boleh sampaikan isinya di sini. Saya pikir nantilah ya, soalnya kami itu kan katanya taat kode etik," kata Partahi.

"Biar nanti Dewan Kehormatan yang menilai mana laporan-laporan kami yang nanti dianggap masuk dalam kriteria pelanggaran kode etik. Sekali lagi mohon maaf mengenai pasal-pasal detail dan pelanggaran yang kami adukan biarlah itu menjadi penilaian Dewan Kehormatan," lanjut Partahi.

Hotman Paris Hutapea, pengacara Desiree TariganHotman Paris Hutapea disebut tak punya sopan santun. Foto: Desi/detikHOT

Hotman Paris Disebut Tak Punya Sopan Santun

Hotman Paris dirasa sudah membuat nama Hotma Sitompul tercemar. Ia dituding tak punya sopan santun usai mengumbar aib rumah tangga orang.

Hotman bermasalah dengan Hotma usai dirinya jadi pengacara Desiree Tarigan, istri lawannya. Ia dituntut tanggung jawab terhadap profesinya.

"Ya dia mesti tanggung jawab dong, artinya apa yang dilakukan, dia pertanggungjawabkan. Makanya kami bikin aduan ke komisi pengawas advokat," kata Partahi ditemui di kantor Peradi, kawasan Slipi, Jakarta Barat, Senin (12/4/2021).

Partahi juga menyebut Hotman Paris diduga melanggar kode etik profesi advokat. Sebab Hotman Paris diduga sesumbar.

"Dia kan pengacara hebat, tahulah mana yang boleh, mana yang tidak, sebagai kapasitas penerima kuasa. Ini kan di luar konteks dia bicara. Dia jelekkan klien kami, itu masih suaminya Desiree, Hotma masih suaminya loh, belum ada putusan pengadilan seperti apa, hormati dong, santun dong," beber Partahi.

Selain itu, Partahi juga menyebut Hotman Paris adalah akar dari perseteruan rumah tangga Hotma Sitompul dan Desiree Tarigan yang saat ini masih panas.

"Biar gimana pun jangan dipaksa Desiree ngomong yang tidak-tidak terhadap suaminya, jadi dijaga etikanya, jadi itu saja," pungkas Partahi.

(mau/doc)