Round-Up

Derita Yuyun Sukawati Jadi Istri Fajar Umbara: Terlilit Utang Ratusan Juta-KDRT

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 10 Apr 2021 22:04 WIB
Yuyun Sukawati
Derita Yuyun Sukawati Jadi Istri Fajar Umbara: Terlilit Utang Ratusan Juta-KDRT (Foto: Instagram @yuyunjinjun)
Jakarta -

Yuyun Sukawati menjelaskan keadaan rumah tangganya usai menikah dengan Fajar Umbara pada 2019. Yuyun mengaku hidupnya susah selama dua tahun menjadi istri Fajar Umbara.

Disebut Yuyun, pernikahannya itu memang tak direstui oleh orang tuanya. Seusai menikah, Yuyun dan Fajar Umbara juga tinggal di rumah ibunya, di daerah Cirebon.

"Ya namanya nggak direstuin jadinya hidupnya susah," aku Yuyun Sukawati ditemui di Komnas Perempuan, Jakarta Pusat.

Setelah itu Yuyun mengaku sempat memilih tinggal bersama Fajar Umbara di Jakarta. Ia rela meninggalkan ibu dan anaknya di Cirebon demi hidup bersama Fajar Umbara.

Namun, rupanya perilaku Fajar tidak berubah. Fajar Umbara masih saja melakukan KDRT kepada Yuyun. Yuyun Sukawati sebelumnya mengungkapkan sudah mendapat kekerasan sejak hari pertama menikah.

Saat itu Fajar Umbara disebut tak bekerja sehingga rumah tangganya mengalami kesulitan ekonomi. Yuyun mengaku pernah hidup bersama Fajar dan tinggal di dalam studio karena merasa kekurangan.

"Karena Mas Fajar waktu itu tidak bekerja. Jadi ya kami hidup serba kekurangan. Kami tuh pernah setahun tinggal di dalam studio, tanpa adanya kasur dan kami hanya tidur dengan sofa," ucapnya.

Lebih lanjut, Yuyun tak menampik jika suaminya sering melakukan KDRT selama mereka berkeluarga. Fajar Umbara tampak enggan mencari pekerjaan lain jika Yuyun memintanya.

"Pas di Jakarta aku suruh dia kerja, kan dia penulis. Cuma Fajar nggak mau kerja sama orang. Katanya pamornya turun kalau kerja sama orang dan dia ingin saingi adiknya, Anggi Umbara yang sudah jadi sutradara dan produser," jelasnya.

"Nah, terus dia tuh penginnya sama kayak adiknya ini. Berharap ada investor tapi tidak punya kemampuan. Aku suruh dia kerja jadi ojek online aja dia nggak mau," tambahnya.

Kehidupan Yuyun yang cukup sulit itu tak hanya berhenti di sana. Yuyun bahkan mengaku banyak memiliki utang untuk hidup bersama Fajar Umbara.

Sementara itu Fajar tak mau membantu Yuyun memenuhi kebutuhan hidup. Padahal Fajar Umbara adalah kepala keluarga.

"Jadi ya aku berutang, lah, buat hidup. Kalau kami tidak punya uang, ya dia (Fajar) minta aku untuk minjam ke orang. Tapi, dianya tuh nggak mau kerja untuk mengembalikan uang-uang pinjaman ini. Jadinya ya aku hidup dalam utang," katanya.

Yuyun Sukawati mengaku utang yang ia peroleh selama hidup bersama Fajar Umbara mencapai Rp 500 juta. Sementara itu, uutang Fajar untuk pekerjaannya melebihi Rp 500 juta.

"Ya kalau utang pribadi kami ratusan juta. Kalau utang kerjaannya dia (Fajar) lebih dari Rp 500 juta, lah," bebernya.

Yuyun Sukawati cuma mau Fajar Umbara dipenjara. Penuturan itu di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2